Soal Kirmir Jebol di Rejasari Banjar, Warga Khawatir Banjir Susulan

Soal Kirmir Jebol di Rejasari Banjar, Warga Khawatir Banjir Susulan

Tembok atau kirmir saluran pembuangan air di Dusun Sindanggalih, RT 04 RW 06, Desa Rejasari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat, jebol saat hujan deras, Kamis (24/03/2016) atau sekitar pukul 18.00 WIB. Padahal, kirmir tersebut baru selesai dibangun tiga bulan lalu, tepatnya akhir tahun 2015. Photo : Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Jebolnya kirmir saluran pembuangan air di Dusun Sindanggalih, RT.04, RW.06, Desa Rejasari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, saat hujan deras yang terjadi pada Kamis (24/03/2016), sekitar jam 18.00 WIB, terus mendapat sorotan dan mengundang kekhawatiran warga setempat.

Hal itu seperti dikatakan salah seorang warga, Risno, kepada HR Online, Minggu (27/03/2016). Menurut dia, jebolnya kirmir sepanjang sekitar 20 meter itu telah menghambat aliran air. Jika terjadi hujan deras susulan dan tak cepat diperbaiki, kemungkinan besar banjir akan terjadi kembali.

“Ini harus cepat diperbaiki, karena jelas dari dampak saluran air tersumbat akan meluap ke atas dan lingkungan sekitar tergenang air. Kemudian, dengan adanya genangan air banjir, maka akan timbul pula penyakit yang menyerang warga karena lingkungan menjadi tidak sehat,” tutur Risno.

Sementara itu, Kepala Desa Rejasari, Nanang Sunarya, mengaku dirinya sudah melihat langsung ke lokasi jebolnya kirmir. Bahkan langsung melaporkannya kepada intansi teknis, yaitu bidang Cipta Karya DCKTLH Kota Banjar.

“Kami sudah ke lokasi dan melaporkan langsung ke bidang Cipta Karya supaya meminta pelaksana proyek secepatnya memperbaiki,” ujar Nanang.

Pasalnya, bila tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan lingkungan setempat akan terkena dampaknya. Ancaman banjir susulan mengintai tatkala terjadi hujan deras, terlebih sekarang ini masih dalam musim penghujan. (Nanks/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles