Sungai Ciseel Ciamis Meluap, Ancam Lahan Perkebunan Warga

Sungai Ciseel Ciamis Meluap, Ancam Lahan Perkebunan Warga

Perkebunan milik warga Dusun Buniasih, Desa Kutawaringin, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis Jawa Barat, terus terkikis disebabkan meluapnya Sungai Ciseel. Photo : Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Lahan perkebunan milik warga di Dusun Buniasih, Desa Kutawaringin, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis Jawa Barat, terus terkikis akibat meluapnya Sungai Ciseel.

“Gerusan Sungai Ciseel ini selalu terjadi saat air sungai meluap. Setiap air besar datang kebun milik saya tergerus hingga setengah sampai satu meter, rumpun bambu dan pepohonan yang lainnya sudah banyak yang longsor dan terseret oleh arus sungai,” ungkap Holis warga setempat kepada HR Online, Jumat (11/03/2016).

Atang, warga setempat mengatakan, air Sungai Ciseel terus mengikis tebing dan menggerus areal perkebunan milik warga.

“Kebun kebun milik warga yang berada di pinggir Sungai Ciseel kini mengalami longsor, Namun yang paling parah ada di lokasi dekat jembatan, longsorannya terjadi hampir setiap hari,” terang Atang.

Pantauan HR di lapangan, banyaknya bantaran sungai yang tergerus oleh arus sungai, terjadi setelah banyaknya penambang pasir liar yang sudah ada sejak lama.

Warga pemilik kebun yang berada di pinggir Sungai Ciseel kini berharap adanya upaya pembronjongan di sepanjang lokasi longsor. Tujuannya, agar lahan perkebunan milik warga ini bisa terselamatkan dari ancaman longsor yang terus terjadi. (Suherman/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles