Tebing yang Longsor di Rajadesa Ciamis Kembali Ancam 14 Rumah

Tebing yang Longsor di Rajadesa Ciamis Kembali Ancam 14 Rumah

Lahan pertanian warga yang terkena dampak longsor, di Dusun Cileueur RT 04/RW 02 Blok Gintung, Desa Tanjungsukur, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis. Foto: Istimewa/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tebing setinggi 100 meter yang mengalami longsor dan berdampak menghancurkan tiga rumah warga, di Dusun Cileueur RT 04/RW 02 Blok Gintung, Desa Tanjungsukur, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, kembali mengancam 14 rumah warga lainnya. Terlebih, lokasi 14 rumah itu berada di atas bukit atau berjarak sekitar 8 meter dari mulut tebing yang mengalami longsor.

Anggota DPRD Ciamis dari Partai Demokrat, Sopwan Ismail, yang juga warga Desa Tanjungsukur, mengatakan, setelah terjadi longsor, 14 kepala keluarga (KK) yang rumahnya berada di atas bukti atau berjarak 8 meter dari mulut tebing, langsung dievakuasi. Mereka pun sudah mengemasi seluruh perabotan dan barang-barang berharga dari rumahnya.

“Kami khawatir apabila terjadi hujan deras, tebing tersebut kembali longsor yang lebih parah. Karena jarak dari mulut tebing ke rumah warga yang berada di atas bukit itu hanya sekitar 8 meter. Kalau tebing itu kembali longsor, dipastikan 14 rumah tersebut akan hancur terbawa longsoran tanah,” katanya, kepada HR Online, Minggu (13/03/2016).

Sopwan menambahkan, dirinya sudah melakukan pembicaraan dengan pemerintah desa setempat agar merelokasi 14 KK yang berada di bukit tersebut. “ 14 KK yang rumahnya berada di bukti, harus direlokasi. Karena lebar tebing yang mengalami longsor panjangnya sekitar 200 meter dan sulit diperbaiki. Kalau pun dipaksakan diperbaiki, anggarannya akan lebih mahal ketimbang melakukan relokasi. Terlebih, kalau pun dibangun proteksi tebing, tidak bakal menjamin tebing itu menjadi kokoh dan terhindar dari longsor,” paparnya.

Menurut Sopwan, di wilayah Desa Tanjungsukur, banyak terdapat tanah kas desa yang bisa digunakan untuk merelokasi 14 KK tersebut. “14 KK yang rumahnya terancam tergerus longsor sudah menyatakan bersedia direlokasi. Kini tinggal kesiapan desa dan Pemkab Ciamis untuk membantu biaya relokasi,” ungkapnya. (Bgj/R2/HR-Online)

Berita Terkait

Tebing di Rajadesa Ciamis Longsor, Hancurkan 3 Rumah, 2 Orang Luka-luka

Ini Cerita 2 Nenek Renta yang Tergulung Longsor di Rajadesa Ciamis

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles