Wanita Butuh Waktu Tidur Lebih Lama Dibanding Pria

Wanita Butuh Waktu Tidur Lebih Lama Dibanding Pria

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Para peniliti di Loughborough University menyimpulkan, berdasarkan hasil penelitiannya, wanita membutuhkan lebih banyak tidur dibanding pria, dengan alasan karena otak wanita lebih “kompleks.”

Dalam penelitiannya itu ditemukan bahwa perempuan butuh waktu tidur 20 menit lebih lama dibandingkan pria. Sebab, otak wanita diasumsikan bekerja lebih berat saat siang hari dibandingkan pria. Seperti dilansir melalui independent, dalam penelitian tersebut melibatkan kurang lebih 210 orang yang terdiri dari pria dan wanita.

Menurut para peneliti, fungsi utama tidur salah satunya yaitu memungkinkan otak untuk kembali pulih serta memperbaiki diri. Karena, selama tidur pulas bagian otak yang bertanggungjawab untuk ingatan, nalar dan bahasa dilepaskan dari indera, serta masuk pada mode pemulihan.

Selain itu, para peniliti juga menjelaskan, jumlah tidur tersebut diharuskan oleh kompleksitas serta intensitas aktivitas otak selama siang hari. Semakin berat digunakan pada siang hari sehingga akan semakin banyak pula tidur yang dibutuhkan.

Kemudian, mengapa wanita membutuhkan lebih banyak waktu buat istirahat, lantaran mereka pun cenderung banyak melakukan kegiatan secara fleksibel yang menggunakan otak lebih banyak. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles