Warga Margacinta Pangandaran Keluhkan Pembuangan Limbah Bulu Ayam

Warga Margacinta Pangandaran Keluhkan Pembuangan Limbah Bulu Ayam

Karung berisi limbah bulu ayam potong yang dibuang orang tak bertanggungjawab di sebuah selokan dekat SDN 1 Margacinta, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Photo: Asep Kartiwa/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Warga Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengeluhkan adanya limbah bulu ayam potong yang dibuang sembarangan oleh orang tak bertanggungjawab di sejumlah titik di wilayah desa tersebut.

Junaedi (58), salah seorang warga, mengatakan kepada HR Online, Senin (07/03/2016), bahwa dirinya memergoki sebuah mobil bak terbuka berhenti di depan SDN 1 Margacinta. Dari dalam mobil itu terlihat salah seorang penumpang keluar, lalu membuang sesuatu di dalam karung.

Namun karena takut, dirinya tidak mampu berbuat apa-apa dan hanya memperhatikan gerak-gerik orang tersebut. Tak lama berselang, bau tak sedap tercium dari dalam karung.

Karena penasaran, sejumlah warga pun akhirnya memeriksa isi karung tersebut, dan ternyata di dalamnya berisi bulu ayam pedaging. Bau tak sedap itu tercium pula oleh para guru dan siswa di SDN 1 Margacinta.

Hal sama diungkapkan Asep Dani, pengelola dermaga perahu wisata Mangrove di Desa Margacinta. Dirinya menemukan banyak karung berisi limbah bulu ayam yang dibuang ke sungai.

“Limbah bulu ayam itu tentu mengeluarkan bau tidak sedap dan mencemari air sungai. Biasanya limbah tersebut dibuang di jembatan Cijalu Hilir. Pengemudi atau pegawai pengusaha ternak ayam potong itu seenaknya membuang limbah ke sungai,” tutur Asep Dani.

Menurut dia, kejadian ini sudah berlangsung cukup lama. Warga meminta kepada pihak instansi terkait segera menangani permasalahan tersebut. “Bila perlu menutup pengusaha yang tidak memperhatikan kebersihan lingkungan. Apalagi seneknya saja membuang limbah bau di depan sekolah,” tandasnya. (Askar/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles