Warga Padaherang Manfaatkan Musibah Banjir Buat Cari Ikan

Warga Padaherang Manfaatkan Musibah Banjir Buat Cari Ikan

 

Warman, warga Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, seringkali memanfaatkan banjir yang melanda areal pesawahan di wilayah tersebut dengan cara menjaring ikan. Photo : Entang Saeful Rachman/ HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Warman, warga Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, seringkali memanfaatkan banjir yang melanda areal pesawahan di wilayah tersebut dengan cara menjaring ikan.

“Siang, sore bahkan malam, saya mencari ikan di areal sawah yang terendam banjir,” kata Warman, ketika ditemui HR Online, Sabtu (26/03/2016).

Kepada HR Online, Warman mengaku sehari-hari bekerja mencari ikan di areal sawah yang dilanda banjir. Bila sedang mujur, hasil tangkapan ikan bisa dia jual kepada orang lain. Tapi bila tidak, dia hanya mendapat ikan untuk konsumsi sendiri di rumah.

“Bila dapat ikan banyak, saya jual ke tetangga. Uangnya saya belikan beras. Biasanya, saya dapat ikan sejenis mujaer, tawes dan betok,” katanya.

Warga Padaherang Manfaatkan Musibah Banjir Buat Cari Ikan2

Pada kesempatan itu, Warman mengungkapkan, bila banjir sedang tidak melanda sawah Padaherang, dia biasanya bekerja serabutan. Tapi selama banjir, dia mengaku bisa mendapat penghasilan cukup lumayan untuk menutupi kebutuhan keluarga sehari-hari. (Ntang/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles