Warga Paledah Pangandaran Resah, Tanggul Ciseel Terancam Jebol

Warga Paledah Pangandaran Resah, Tanggul Ciseel Terancam Jebol

Tanggul Sungai Ciseel yang menjadi pembatas dengan tanah milik warga terancam jebol. Bahkan, kini luapan air Sungai Ciseel sudah masuk ke lahan milik warga. Photo : Entang Saeful Rachman/ HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Akibat hujan yang terus-menerus mengguyur wilayah selatan dan sekitarnya mengakibatkan debit air sungai naik. Salah satunya debit air Sungai Ciseel yang melintasi Desa Paledah, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran.

Kepala Desa Paledah, Abdul Halim, ketika ditemui Koran HR, Rabu (09/03/2016), mengatakan, tanggul Sungai Ciseel yang menjadi pembatas dengan tanah milik warga terancam jebol. Bahkan, kini luapan air Sungai Ciseel sudah masuk ke lahan milik warga.

“Rembesan air dari sungai sudah masuk ke areal tanah milik warga. Itu dipicu karena debit air Sungai Ciseel naik. Kini, tanggul sungai juga terancam jebol akibat terkikis aliran air sungai yang deras,” katanya.

Abdul Halim menuturkan, pihaknya bersama warga sudah berupaya mencegah tanggul jebol dengan cara membuat pagar bambu. Dengan pemasangan pagar bambu itu, keresahan warga menjadi sedikit terobati.

“Sepanjang 100 meter bantaran dan tanggul Sungai Ciseel kondisinya kini memang sudah sangat memprihatinkan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Abdul Halim berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) turun tangan untuk menanggulangi keresahan warga terhadap ancaman tanggul jebol. (Ntang/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles