Disdikbud Ciamis Targetkan Masuk Paskibraka Nasional

Kegiatan seleksi Calon Paskibraka, Minggu (24/04/2016), bertempat di Aula Disdikbud Ciamis. Photo : Dian Sholeh WP/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sudah hampir dua belas tahun, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal Kabupaten Ciamis tidak masuk ke tingkat nasional. Dan tahun ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Ciamis memiliki target untuk mengulang sejarah.

Kasi Kepemudaan Disdikbud Ciamis, Dang Alan, ketika ditemui Koran HR, di sela-sela kegiatan seleksi Calon Paskibraka, Minggu (24/04/2016), bertempat di Aula Disdikbud Ciamis, membenarkan target tersebut.

Dang Alan menuturkan, dua belas tahun silam pernah ada salah satu mojang Ciamis yang menjadi anggota Paskibraka tingkat nasional. Menurut dia, peranan Paskibra sangat penting. Apalagi kalau sampai masuk tingkat nasional.

“Baris-berbaris memegang peranan penting dalam palaksanaan pengibaran Bendera Sang Merah Putih. Derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat Paskibraka untuk melaksanakan tugas,” katanya.

Lebih lanjut, Dang Alan menuturkan, kekompakan anggota Paskibraka tercermin dari sikap disiplin dalam melaksanakan baris-berbaris dan membentuk formasi. Saat ini di Kabupeten Ciamis, 100 calon Paskibra yang sudah terseleksi dari jumlah 450 orang. Mereka berlomba-lomba untuk masuk ke 44 Paskibra terbaik.

“Nantinya yang 44 calon Paskibra terpilih, rencananya 40 orang untuk di Kabupaten dan 4 orang untuk di kirim ke provinsi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Ciamis, Nur Cholis menambahkan, dalam seleksi ini pihaknya mengaku perlu kerja ekstra dan profesional. Pasalnya, dalam tes seleksi materi yang diberikan diantaranya yaitu tentang kesenian, wawancara, pengetahuan umum, mental, ideologi tentang wawasan kebangsaan, parade PBB dan Pantohir.

“Ini juga sebagai bentuk langkah untuk mendidik anggota Paskibraka yang terampil, juga mendidik pelajar untuk menjadi pribadi yang disiplin dan memiliki semangat patriotisme,” katanya. (DSW/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA