Sekda Jabar Apresiasi Upaya PPNI dan Pemda Ciamis

 

Sekda Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, mengapresiasi upaya Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis dalam memberikan pembinaan kepada para perawat dan bidan. Photo : Eli Suherli/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, di sela-sela kegiatan seminar kesehatan nasional, Sabtu (30/04/2016), di Gedung Islamic Centre, mengapresiasi upaya Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis memberikan pembinaan kepada para perawat dan bidan.

“Seminar ini sangat penting, terutama terhadap tenaga keperawatan dan kebidanan. Karena ini juga berkaitan untuk penguatan dalam rangka mengejar indek pembangunan kesehatan masyarakat. Saat ini angka kematian ibu dan anak memang masih tinggi, sehingga penguatan indek pembangunan kesehatan untuk tenaga kebidanan harus terus ditingkatkan. Sebab keberadaan bidan salah satunya untuk menekan angka kematian ibu dan anak,” katanya.[Berita Terkait: Hadapi MEA, Mutu dan Kualitas Perawat Ciamis Harus Ditingkatkan]

Iwa menegaskan, tenaga perawat dan kebidanan harus terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Untuk itu, penguatan pendidikan juga harus terus ditingkatkan.

“Tenaga kesehatan tidak usah takut menghadapi MEA. Untuk bersaing maka para tenaga kesehatan tinggal terus mempelajari antropologi budaya dan tingkatkan ilmu keterampilan di bidangnya,” katanya.

Menurut Iwa, gagasan Bupati Ciamis dengan membangun beberapa Puskesmas rawat inap, membuat keberadaan tenaga kesehatan di wilayah pedesaan tidak hanya bidan saja, melainkan perawat pun ada.

Karena keberadaan perawat, kata dia, menjadi salah satu hal penting dalam melakukan perawatan kesehatan kepada masyarakat. Artinya mereka bisa juga bersosialisasi nantinya terutama dalam menyampaikan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.

“Ini yang harus dibenahi agar kedepan profesi perawat dan bidan bisa menjadi lebih baik, makanya saya dari jajaran Pemerintahan Propinsi Jabar sangat respon apa yang telah dilakukan pemerintah Ciamis dan juga PPNI Ciamis. Salah satunya acara seminar nasional kesehatan ini, sehingga bisa meningkatkan indek pembangunan kesehatan,” ujarnya. (Es/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA