Ciamis Raih Juara 1 Pasanggiri Kategori Lomba Teater Penyaji Terbaik

14/05/2016 0 Comments
Ciamis Raih Juara 1 Pasanggiri Kategori Lomba Teater Penyaji Terbaik

Seni Teater Kabupaten Ciamis saat tampil di lomba Pasangggiri Seni Tari, Musik dan Teater untuk wilayah BKPP IV, di Gedung Kesenian Tasikmalaya, Jum’at (13/05/2016). Foto: Istimewa untuk HR Online

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kontingen Pasanggiri Seni Tari, Musik dan Teater Kabupaten Ciamis, berhasil meraih juara 1 pada kategori lomba Teater Penyaji Terbaik dan berhak maju sebagai wakil wilayah BKPP IV Jabar untuk kembali bertanding di ajang Pasanggiri tingkat Jawa Barat, di Bandung pada 28-29 Mei 2016 mendatang. Sementara kategori lomba Seni Tari diraih Kota Tasikmalaya dan kategori lomba Seni Musik diraih Kota Banjar.

Pasangggiri Seni Tari, Musik dan Teater yang digelar oleh Disbudpar Provinsi Jawa Barat untuk wilayah BKPP IV ini, diikuti 6 kabupaten/kota di wilayah Priangan Timur, yakni Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. Acara itu digelar di Gedung Kesenian Tasikmalaya pada tanggal 12-13 Mei 2016.

Kasi Pembinaan Kesenian dan Perfilman Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikbud) Kabupaten Ciamis, Dedi ‘Unay’ Kusmana, mengatakan, Kabupaten Ciamis mengirimkan 3 jenis seni yang dilombakan pada Pasinggiri tersebut dengan tema yang sama, yaitu bebegig Sukamantri.

Menurut Dedi, dipilihnya Tema Bebegig Sukamantri karena Kesenian helaran asal Dusun Campaka Desa Sukamantri, Kecamatan Sukamantri ini, adalah kesenian yang diharapkan menjadi Ikon Kesenian Kabupaten Ciamis.

“Selain itu, sebagai penghargaan karena kesenian ini telah menorehkan prestasi yang luar biasa di tingkat regional, nasional bahkan internasional. Kesenian Helaran Bebegig Sukamantri telah berkali-kali mengharumkan nama Kabupaten Ciamis dalam berbagai event,” kata Dedi Unay, kepada HR Online, Sabtu (14/05/2016).

Setelah meraih juara 1 pada kategori penyaji terbaik, lanjut Dedi, pihaknya kini tengah mempersiapkan untuk kembali pentas di ajang Pasinggiri tingkat Jawa Barat di Bandung. “Mudah-mudahan kami berhasil meraih juara 1 tingkat Jawa Barat. Mohon doanya kepada masyarakat Ciamis,” katanya. (Bgj/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!