Kini, Urus KTP dan Akta Kelahiran di Ciamis Tak Perlu Repot!

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kini masyarakat yang ingin membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan akta kelahiran tidak ribet lagi harus membawa surat pengantar dari RT atau RW. Cukup dengan menyerahkan Kartu Keluarga (KK), masyarakat sudah bisa memproses pengajuannya.

Kepala Bidang Kependudukan Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Kabupaten Ciamis, Didin, saat dihubungi Koran HR, pekan lalu, mengatakan bahwa Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan perintah bagi seluruh kepala daerah di Indonesia untuk mempercepat layanan perekaman e-KTP serta penerbitan akta kelahiran.

Perintah tersebut sesuai dengan surat Mendagri bernomor 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016, yang berisi tentang penyederhanaan prosedur pelayanan pembuatan dan penggantian e-KTP yang rusak dan tidak mengubah elemen data kependudukan.

“Jadi sesuai intruksi, yang akan membuat KTP dan akta kelahiran cukup dengan menunjukkan fotokopi Kartu Keluarga tanpa surat pengantar dari RT, RW dan Kelurahan/ Kecamatan,” ujarnya.

Didin menjelaskan, dengan aturan tersebut masyarakat tidak perlu repot lagi. Pasalnya tidak perlu pengurusan ke RT dan RW. Dan untuk di Kabupaten Ciamis, pihaknya masih terus melakukan pembenahan dalam pelayanan. Salah satunya pelayanan jemput bola tiap ke daerah. (DSW/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar