Camat Langensari Banjar Sepakat Makam Syekh Mohammad Sanusi Jadi Wisata Religi

Camat Langensari Banjar Sepakat Makam Syekh Mohammad Sanusi Jadi Wisata Religi

Almarhum Syekh Mohammad Sanusi

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Camat Langensari, Asno Sutarno, SP., MP., menilai, kawasan makam Syekh Mohammad Sanusi perlu mendapat sentuhan pemerintah kota, sebab tempat tersebut merupakan potensi wisata religi atau ziarah.

“Memang membludaknya pengunjung pada waktu-waktu tertentu saja, yaitu ketika haul peringatan wafatnya Syekh Sanusi, tapi tak ada salahnya bila pemkot menyentuh pengembangannya,” ujar Asno, , kepada Koran  HR, Senin (06/06/2016) lalu.

Antusiasme saat peringatan haul sangat besar dan itu datang dari berbagai daerah, sampai ada santri-santrinya dari luar pulai Jawa, seperti Sumatera dan lainnya. Kondisi demikian banyak memberikan manfaat bagi warga setempat, sebab telah mampu mendongkrak perekonomian dadakan.

“Setidaknya jika dikembangkan, salah satunya dibuatkan tempat khusus menjajakan dagangan, seperti halnya tempat ziarah para wali atau syekh di berbagai daerah di pulau Jawa, sehingga warga bisa rutin menjajakan barang khas Kota Banjar, mulai soveunir, makanan kuliner dan sebagainya,” terangnya.

Menurut Asno, berziarah atau mengunjungi tempat-tempat suci sambil berwisata bukanlah hal baru. Jadi, pengunjung atau peziarah harus diberi pelayanan yang nyaman saat berdo’a di makam, serta fasilitas pendukung lainnya.

“Termasuk segera diupayakan pemenuhan berdirinya hotel atau penginapan di wilayah Langensari ini. Tentu pembangunan infrastruktur Langensari sebagai kota kedua Banjar semakin terlihat kentara kemajuannya,” ujar Asno.

Dengan dilakukan pengembangan, maka akan berimbas terhadap peningkatan perekonomian dan kesejahteraan warga setempat khususnya, dan Kota Banjar pada umumnya. Dengan kata lain pula bahwa rakyat sejahtera kalau bisa mensejahterakan tempat suci. (Nanks/Koran-HR)

 Berita Terkait

Makam Syekh Mohammad Sanusi, Potensi Wisata Religi di Kota Banjar

Ini Tokoh Ulama Berpengaruh Dalam Perkembangan Langensari Banjar

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles