Ini Sepeda Ontel Motor Hasil Modifikasi Warga Kawali Ciamis

Ini Sepeda Ontel Motor Hasil Modifikasi Warga Kawali Ciamis

Sepeda Ontel Motor, milik Aris Ristopa Hudaya (35), warga Dusun Kiaralawang RT 05/RW 05 Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Foto: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ini bukan sembarang sepeda ontel. Ya, sepeda tua milik Aris Ristopa Hudaya (35), warga Dusun Kiaralawang RT 05/RW 05 Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis ini, sudah dimodifikasi menjadi sepeda ontel motor. Pasalnya, sepeda ini melaju dengan mesin, tak lagi digowes dengan menggunakan kaki. Sepeda tua ini pun sudah berubah menjadi sepeda motor.

Aris, sang pemilik sepeda ontel motor, mengatakan, sepada ontel tua keluaran tahun 50-an dengan memiliki kualitas bagus, saat ini sudah terbilang langka. Untuk mendapatkan sepeda jenis ini, kata dia, harus mencari ke daerah Jawa Tengah dan harganya pun cukup lumayan mahal.

“Awalnya saya mencari sepeda ontel tua untuk dijadikan koleksi pribadi. Sebelum membeli sebenarnya tidak ada niatan untuk memodifikasi menggunakan mesin motor. Tapi, setelah mendapatkan sepeda ontel ini dari daerah Jawa Tengah, saya langsung memiliki ide untuk dimodifikasi menggunakan mesin motor,” katanya, kepada HR Online, Kamis (09/06/2016).

Munculnya ide menggunakan mesin motor, lanjut Aris, setelah melihat batang rangka sepeda ontel itu terbuat dari besi kuat dan berkualitas.  “Waktu itu jadi kepikiran, kalau menyimpan mesin motor di batang sepeda ini pasti kuat menahan beban. Karena kualitas besinya kuat sekali. Berbeda dengan sepeda ontel biasanya. Ketika awal diujicoba pun ternyata benar, sepeda ontel ini kuat menahan beban dan stabil saat dijalankan,” terangnya. Menurut dia, mesin motor yang dipasang di sepedanya menggunakan mesin sepeda motor FR. (Dji/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles