Mau Beli Smartphone Bekas? Lakukan Hal Ini Supaya Tidak Tertipu

30/07/2016 0 Comments
Mau Beli Smartphone Bekas? Lakukan Hal Ini Supaya Tidak Tertipu

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Buat mereka yang tidak punya budget cukup untuk membeli smartphone flagship yang harganya selangit, maka membeli versi bekas adalah pilihan terbaik. Namun, untuk mendapatkan smartphone bekas yang masih bagus tidaklah mudah.

Aapalagi sekarang banyak smartphone bekas yang dipermak dengan sempurna supaya terlihat seperti baru, sekaligus menutupi kelemahan-kelemahannya. Nah, agar tidak tertipu membeli smartphone bekas yang cepat rusak, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan mulai dari pengecekan bodi sampai aplikasi di dalamnya. Tapi sebelum membeli, akan lebih baik bila kamu membawa barang-barang berikut untuk mengecek smartphone bekas, seperti powerbank, laptop, atau charger, kartu microSD, headphone, kartu SIM aktif (dua jika perlu) dan senter.

Kemudian, sebelum menghidupkan smartphone bekas yang mau dibeli, cek dulu bagian luar smartphone, terutama di bagian layarnya. Periksa apakah pada layarnya terdapat banyak goresan, dan periksa lensa kamera menggunakan senter supaya mudah terlihat.

Jangan lupa cek juga bagian tombol untuk mengetahui apakah saat ditekan terasa normal. Selanjutnya, raba seluruh permukaan smartphone untuk mengetahui apakah terdapat lekukan bekas benturan atau tidak. Sedangkan, untuk smartphone unibodi atau yang tidak dapat dibuka casingnya, periksa apakah ada bagian casing yang tidak tertutup sempurna. Hal ini untuk mengetahui tanda smartphone pernah jatuh atau tidak.

Setelah selesai memeriksa di bagian eksterior, dilanjut masuk ke bagian dalam, lalu lihat apakah baterai masih original atau sudah diganti, sebab hal ini bisa mempengaruhi harga smartphone. Cek pula slot microSD dan SIM, sambil melihat apakah ada cacat atau tidak. Kamu juga perlu mengawasi adanya bercak putih atau karat, itu tanda bahwa bagian dalam smartphone pernah terkena air.

Sedangkan, pengecekan bagian dalam pada smartphone unibodi, periksa apakah slot kartu SIM atau microSD kondisinya normal, tidak bengkok atau terdapat noda bekas air.

Kemudian, sebelum menghidupkan pastikan kartu SIM dan microSD telah dipasang, dan saat menyalakan amati apakah proses booting berjalan normal, tidak terlalu lama.

Bila kartu SIM dan microSD terbaca sempurna, coba gunakan smartphone untuk mengirim SMS, telepon, dan internet. Jangan lupa coba colokan headphone dan port charger dengan powerbank yang kamu bawa untuk memastikan semua berfungsi normal.

Aktifkan semua aplikasi yang ada di smartphone dan rasakan apakah performanya seperti yang kamu harapkan. Kalau terdapat banyak lag dan terlihat performa layar yang buruk atau tidak responsif, ada kemungkinan kualitasnya memang buruk.

Selain itu, teliti juga info smartphone dengan seksama, caranya tekan tombol *#*#4636#*#* pada aplikasi telepon. Cara ini dapat membuka informasi ke smartphone, baterai, sensor, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu bisa tahu smartphone bekas yang akan dibeli itu barang original atau bukan. Nah, selamat mencoba ya! (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!