Petugas Disnakan Ciamis Temukan Hati Sapi yang Mengandung Cacing Pita

Ilustrasi Hati Sapi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ciamis, mendapati cacing pita di bagian hati seekor sapi yang disembelih di rumah pemotongan hewan Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Temuan itu didapat setelah petugas Disnakan melakukan pengecekan ke sejumlah rumah pemotongan hewan di Kabupaten Ciamis, Senin (04/07/2016) lalu.

Kabid Kesmavet Dinas Perternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, drh Nugrahawati, ketika dihubungi Kamis (07/07/2016), membenarkan hal itu. Menurutnya, temuan itu didapat saat pihaknya melakukan pengecekan terhadap 10 ekor sapi yang sudah disembelih di rumah pemotongan hewan di Kecamatan Banjarsari.

“Dari 10 ekor yang disembelih, ada satu ekor sapi yang pada bagian hatinya mengandung cacing pita. Setelah mendapati temuan itu, kami langsung meminta kepada pemotong sapinya untuk membuang bagian hati yang mengandung cacing pita tersebut,” katanya.

Nugrahawati pun menghimbau kepada pemotong sapi maupun penjual agar bisa membedakan mana hati sapi yang sehat dan mana yang terkena cacing pita. “ Kalau ditemukan hati sapi yang mengandung cacing pita, mohon agar tidak dijual. Langsung buang saja. Karena cacing hati sangat berbahaya untuk kesehatan apabila dikonsumsi oleh manusia,” katanya.

Pihaknya, kata dia, akan terus melakukan pengecekan ke sejumlah tempat pemotongan sapi di Kabupaten Ciamis. “Kami mohon kerjasamanya kepada pemotong maupun penjual sapi agar bisa mengenali hati sapi yang mengandung cacing pita. Apabila ditemukan mohon untuk dibuang dan jangan sampai dijual atau dikonsumsi,” tegasnya. (Her/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA