Wah! ‘Susu Kecoak’ Lebih Bagus dari Sapi dan Kambing

31/07/2016 0 Comments
Wah! ‘Susu Kecoak’ Lebih Bagus dari Sapi dan Kambing

 

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Selama ini susu kambing dan sapi tidak lepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Tapi tahukah anda, sebuah penelitian menyebutkan, kecoak yang selama ini dianggap jorok dan menjijikan justru mampu memproduksi susu yang baik dikonsumsi manusia.  

Bahkan, susu kecoak ini disebut-sebut memiliki kandungan gizi empat kali lebih baik dari susu sapi. Bagi mereka yang sudah terbiasa mengonsumsi susu sapi, akankah berani mencoba susu kecoak?

Seperti dilansir dari Science Alert, Ilmuwan Internasional dari Institut of Stem Cell Biology and Regeneratiive Medicine di India berhasil mengungkap penemuan susu kecoak yang mengejutkan itu.  

Para ilmuwan berupaya mengekstrak kristal protein yang terdapat dalam perut kecoak edngan jenis Diploptera Punctata. Kecoak jenis itu berbeda karena melahirkan anak bukannya mengerami telur layaknya kecoak kebanyakan.

Bayi kecoak mencerna susu yang kemudian mengkristal dalam perutnya. Walaupun mayoritas kecoak tidak menghasilkan susu, Diploptera melahirkan bayi dan memompa keluar jenis susu yang mengandung kristal protein untuk memberi makan bayinya.

Awalnya, para ilmuwan tidak percaya kristal tersebut merupakan kristal protein. Tetapi, hasil penelitian menggunakan sinar X justru mengungkapkan hal lain. Kristal itu mengandung lemak, gula, asam amino dan nutrisi lain.

Kandungannya empat kali lebih banyak daripada nutrisi susu sapi. Para ilmuwan berharap susu kecoak bisa menjadi suplemen super di masa yang akan datang. Yang pasti, untuk memerah kecoa jelas tidaklah mungkin.

Para ilmuwan memutuskan untuk mengambil gen yang memiliki peran memproduksi kristal protein susu. Hal itu untuk melihat apakah ilmuwan dapat membuat replikasi di laboratorium. Para ilmuwan juga berjuang untuk memperoleh jumlah kalori yang diperlukan perhari.

“Mereka sangat stabil. Mereka dapat menjadi suplemen protein yang fantastis,” kata Ramaswamy. (Deni/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!