Warga Minta Obwis Goa Donan Pangandaran Diaktifkan Kembali

31/07/2016 0 Comments
Warga Minta Obwis Goa Donan Pangandaran Diaktifkan Kembali

Obyek wisata Goa Donan di Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, tampak kusam akibat tidak terawat. Warga berharap goa tersebut bisa diaktifkan kembali. Photo: Entang SR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Keberadaan Goa Donan di wilayah Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, saat ini banyak ditumbuhi rumput liar. Hal itu bukti bahwa obyek wisata tersebut tidak terawat. Warga setempat pun menyayangkan, karena semestinya Goa Donan menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pangandaran.

Seperti diungkapkan Yanto, salah seorang warga Kalipucang, kepada Koran HR, Selasa (26/07/2016) lalu. “Jika oyek wisata Goa Donan kembali difungsikan, maka sedikit besarnya bisa menjadi salah satu pemasukan dari sektor pariwisata untuk PAD Kabupaten Pangandaran,” kata Yanto.

Pendapat serupa dikatakan Asep, warga lainnya, bahwa Goa Donan yang berada di Desa Tunggilis, sudah puluhan tahun mati suri. Sementara Kabupaten Pangandaran sendiri bercita-cita ingin menjadi salah satu kabupaten pariwisata yang mendunia.

“Mau mendunia gimana kalau obyek wisata warisan Kabupaten Ciamis ini sama sekali tidak tersentuh oleh roda pembangunan Pemkab Pangandaran. Obyek wisata Goa Donan sama sekali belum tersentuh perbaikan, dan saat ini Pemkab Pangandaran mau memasuki tahun ke empat, pasca berpisah dengan Ciamis,” ujar Asep.

Kedua warga tersebut berharap kepada Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, segera mengintruksikan dinas terkait untuk memperbaiki Goa Donan, menginggat keberadaannya memiliki histori tersendiri dibandingkan dengan goa lain yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran, Muklis, mengaku pihaknya sudah mengagendakan untuk memperbaiki keberadaan Goa Donan. Namun, menurutnya, dalam melakukan perbaikan itu tidaklah semudah membalikan telapak tangan.

“Untuk memperbaiki Goa Donan harus mendatangkan para ahli di bidang goa dan para ahli lainnya, menginggat tingkat kerusakannya cukup lumayan dan mesti orang ahli yang menanganinya. Tapi ke depan Goa Donan akan diperbaiki dan difungsikan kembali sehingga bisa dinikmati oleh para wisatawan,” tandas Muklis. (Ntang/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!