1 Korban Tenggelam Berhasil Diselamatkan Tim Cijulang Body Rafting Pangandaran

16/08/2016 0 Comments
1 Korban Tenggelam Berhasil Diselamatkan Tim Cijulang Body Rafting  Pangandaran

Korban tenggelam saat dievakuasi oleh tim Cijulang Body Rafting. Photo: Asep Kartiwa/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Salah seorang warga terhanyut dalam sungai Cijalu Hilir yang terletak di Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Saat korban sudah tak berdaya melawan arus sungai, dengan segera tim penyelamat memberi pertolongan dengan mengevakuasi korban ke daratan.

Saat di darat, tim penyelamat mencoba menelungkupkan badan korban untuk mengeluarkan air dari dalam tubuhnya. Sementara itu, karena korban masih sempat bernafas, salah satu tim memberikan pijatan jantung kepada korban dengan menekankan pangkal telapak tangan cukup keras di tengah-tengah tulang dada korban.

Setelah beberapa menit kemudian, korban berhasil sadar setelah mendapatkan pertolongan pertama dari tim penyelamat. Lalu dievakuasi ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif.

Seperti yang diungkapkan Dani, salah satu pengurus Cijulang Body Rafting, saat memeriahkan HUT RI ke 71 dengan cara yang unik, yakni melakukan latihan water rescue atau penyelamatan air.

“Kami manfaatkan moment peringatan HUT RI ini selain untuk memeriahkan, juga untuk meningkatkan kompetensi para pemandu dalam penyelamatan dan keamanan di air. Dengan teknik yang sudah diajarkan BASARNAS, para pemandu mempraktikkan semua teknik dalam simulasi tadi,” ujarnya kepada HR Online, Selasa (16/8/2016).

Saat latihan, imbuh Dani, warga sekitar beramai-ramai menyaksikan simulasi tersebut. Selain menjadi tontonan menarik, juga menjadi bahan edukasi yang diberikan secara tidak langsung kepada masyarakat. “Tempat perayaan HUT RI warga tidak jauh dari sini, makanya banyak yang nonton simulasi ini. Bisa juga mereka mendapatkan pengetahuan tidak langsung dengan hanya menonton cara kita menyelamatkan korban air,” pungkasnya. (Askar/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!