193 Napi di Lapas Banjar Dapat Remisi

18/08/2016 0 Comments
193 Napi di Lapas Banjar Dapat Remisi

Secara simbolis Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, memberikan remisi kepada 193 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kota Banjar. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 193 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kota Banjar, Rabu pagi tadi (17/08/2016), mendapat remisi umum I dan remisi umum II pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-71.

Pemberian remisi umum  kepada narapidana tersebut dikatakan Kepala Lapas Banjar, Kadek Anton Budiharta, dalam sambutannya saat upacara HUT RI di halaman Lapas Kota Banjar.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Walikota Banjar, Wakil Walikota Banjar, Ketua DPRD Kota Banjar, Kapolresta Banjar, Danyon 323 Raider, unsur muspida, serta tamu undangan lainnya.

Remisi diserahkan secara simbolis oleh Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, kepada perwakilan narapidana. Napi yang mendapat remisi berjumlah 193 itu diantaranya Remisi Umum I 187 orang dan remisi umum II (langsung bebas setelah dikurangi remisi) sebanyak 6 orang.

“Pemberian remisi kepada narapidana dan anak pidana merupakan amanat Undang Undang Nomor 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan Keputusan Presiden RI Nomor 174 tahun 1999 tentang Remisi,” terang Kadek.

Selain itu, pemberian remisi ini juga bertujuan untuk memberikan stimulus kepada warga binaan pemasyarakatan agar mereka senantiasa berkelakuan baik, dan aktif dalam kegiatan pembinaan yang telah diprogramkan.

Kadek menegaskan, bahwa pemberian remisi kepada warga binaan pemasyarakatan merupakan perwujudan dari pemajuan dan perlindungan hak azasi manusia berdasarkan system pemasyarakatan.

Sementara itu, Wisnu (28), salah satu napi asal Bandung yang mendapat remisi bebas, mengucapkan rasa syukurnya. Dia terlihat sumringah dan berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatan salah atau perbuatan yang melanggar hukum.

“Alhamdulillah hari ini saya bebas, dan saya berjanji akan kembali ke jalan yang benar serta tidak akan mengulangi kesalahan-kesalahan di masa lalu, apalagi perbuatan yang melanggar hukum, saya kapok,” tuturnya.

Wisnu menambahkan, dirinya pun mengucapkan banyak terima kasih kepada para petugas Lapas Banjar yang selama ini baik dan selalu menjaga rasa kekeluargaannya selama dirinya menjadi warga binaan.

Wisnu bersama beberapa napi lainnya yang menadaptkan remisi, kini meninggalkan Lapas Banjar dan bisa menghirup udara bebas serta kembali kepada masyarakat. (Hermanto/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!