2016, Pemdes Binangun Banjar Bangun Perpustakaan & Perluasan Kebun Karet

11/08/2016 0 Comments
2016, Pemdes Binangun Banjar Bangun Perpustakaan & Perluasan Kebun Karet

Kepala Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Udung. Photo: Abdulloh M/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Di tahun anggaran 2016, Pemerintah Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, rencananya akan membangun perpustakaan desa dan perluasan lahan kebun karet yang digarap oleh masyarakat.

Kepala Desa Binangun, Udung, saat ditemui HR di ruang kerjanya, Selasa (02/08/2016), mengatakan, rencana pembangunan perpusatakaan desa karena selama ini pihaknya melihat minat baca masyarakat cukup tinggi.

Sedangkan, perpustakaan desa yang ada sekarang masih menempati salah satu ruangan di kantor desa. Sehingga, keberadaannya dinilai kurang refresentatif, terlebih perpustakaan tersebut sudah ada sejak tahun 2004.

“Masyarakat Desa Binangun sangat antusias terhadap membaca, dari usia SD sampai SMP dan MTs. Bahkan, yang lebih membanggakan perpustakaan Desa Binangun mendapat juara harapan II tingkat provinsi,” tuturnya.

Untuk bidang pertanian, lanjut Udung, Pemerintah Desa Binangun akan mengadakan perluasan lahan perkebunan karet, karena melihat pohon karet yang ditanam lebih dulu, kini sudah tumbuh dengan subur.

Pihaknya berharap, dengan diperluasnya lahan tersebut maka masyarakat Desa Binangun akan mempunyai area kebun karet yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomiannya dari penghasilan menyadap getah karet.

“Selain ekonomi masyarakat meningkat, pemerintah desa pun ke depan akan mempunyai penghasilan dari program tanam pohon karet tersebut,” terangnya.

Udung juga menambahkan, bahwa untuk program pembangunan infrastruktur yang saat ini sedang berjalan dibiayai oleh APBD, yakni pembuatan jalan baru sepanjang 700 meter dari Dusun Pejamben sampai Dusun Cijati, dan pelebaran jalan di Dusun Priagung sepanjang 1.350 meter. (AM/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!