Bantai Persip 3-0, PSGC Ciamis Buka Peluang Lolos ke Babak 16 Besar

20/08/2016 0 Comments
Bantai Persip 3-0, PSGC Ciamis Buka Peluang Lolos ke Babak 16 Besar

PSGC Ciamis saat melawan Persip Pekalongan, pada lanjutan kompetisi ISC Seri B, di Stadion Galuh Ciamis, Sabtu (20/08/2016) sore. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

PSGC Ciamis akhirnya membuka peluang lolos ke babak 16 besar setelah mengalahkan tamunya, Persip Pekalongan dengan skor telak 3-0, pada lanjutan kompetisi ISC Seri B, di Stadion Galuh Ciamis, Sabtu (20/08/2016) sore. Gol PSGC diciptakan Budiawan di menit 1 dan menit 26 serta Arif Budiman di menit 77.

Dengan hasil ini, membuat PSGC naik ke posisi puncak klasemen sementara grup 3 ISC Seri B dengan mengumpulkan 19 poin dari 10 laga yang sudah dimainkan. Meski begitu, PSCS Cilacap yang berada di posisi kedua sama mengumpulkan 19 poin dan baru memainkan 9 laga.

Namun demikian, raihan poin 19 yang dikoleksi PSGC cukup terbuka untuk lolos ke babak 16 besar. Pasalnya, Persip Pekalongan yang berada di posisi ketiga terpaut 4 poin atau hanya mengumpulkan 15 poin. Dengan begitu, PSGC dan PSCS sangat berpelung besar menjadi wakil dari grup 3 yang lolos ke babak 16 besar.

Yang menarik, dimungkinkan akan terjadi persaingan untuk memperebutkan jawara grup 3 antara PSGC dengan PSCS. Pasalnya, kedua tim ini akan bertemu di laga terakhir babak penyisihan grup 3. Namun, pada laga tersebut, PSCS lebih diuntungkan lantaran bertindak sebagai tuan rumah.

Di awal babak pertama, tim Laskar Galuh langsung bermain agresif dengan melancarkan serangan ke jantung pertahanan lawan. Alhasil, laga baru berjalan 7 detik, pemain tengah PSGC, Budiawan, berhasil membobol gawang Persip. Gol Budiawan tercipta melalui tendangan keras dari luar kotak penalti setelah mendapat umpan matang dari Arif Budiman. Kedudukan pun 1-0 untuk keunggulan PSGC.

Setelah unggul 1-0, PSGC rupanya tidak mengendurkan daya serang. Malah, anak-anak asuhan Heri Rafni Kotari ini, tak henti-hentinya melakukan serangan cepat yang dibangun dari sektor sayap. Serangan cepat yang dibangun anak-anak Ciamis pun tampak membuat kerepotan lini pertahanan Persip. Untuk menghentikan serangan pemain depan PSGC, tak jarang pemain belakang Persip melakukan pelanggaran.

Mamasuki menit 10, Joko Sasongko nyaris menggandakan keunggulan setelah berhasil melakukan kerjasama apik dengan Budiawan dan Arif Budiman. Namun, tendangan penyelesaian akhir Joko Sasongko melambung di atas mistar gawang Persip.

Di menit ke 15, Joko Sasongko kembali mendapat peluang emas melalui tendangan bebas dari luar kotak penalti setelah Ganjar Kurniawan dilanggar pemain Persip Riki Istianto. Namun sayang, tendangan akurat Joko berhasil diblok kiper Persip Tri Pebrianto. Akibat pelanggaran itu pun wasit Kispan dari Bengkulu mengganjar kartu kuning kepada pemain Persip Riki Istianto.

Memasuki menit 20, giliran pemain Persip melakukan tekanan ke jantung pertahanan PSGC. Alhasil, pemain Persip tercatat beberapa kali berhasil melewati pemain belakang PSGC. Beruntung, kiper PSGC Ghoni Yanuar, bermain gemilang pada laga ini. Dan beberapa kali mementahkan peluang emas yang diperoleh pemain Persip.

Di saat pemain Persip bernafsu menyamakan kedudukan dengan terus menerus melakukan tekanan, ternyata dimanfaatkan oleh pemain PSGC. Di menit 26, melalui serangan balik yang dibangun dengan cepat, Ganjar Kurniawan berhasil melewati pemain belakang Persip.

Melihat Budiawan yang posisinya tanpa pengawalan pemain lawan, Ganjar langsung berinisitif mengumpan bola. Umpan matang Ganjar langsung disambut Budiawan dengan mengarahkan bola ke sudut kiri gawang Persip dan akhirnya membuahkan gol kedua untuk PSGC.

Di menit ke 35, Persip nyaris memperkecil kekalahan setelah tendangan Tony Yuliandri mengancam gawang PSGC. Namun sayang, sebelum bola dilesatkan, wasit melihat bola terlebih dahulu mengenai tangan Toni. Sehingga gawang PSGC aman dari kebobolan dan hanya menghasilkan tendangan gawang. Hingga babak pertama usai, kedudukan tetap 2-0 untuk keunggulan PSGC.

Di babak kedua, pemain PSGC sepertinya belum puas dengan raihan keunggulan 2 gol. Laga baru berjalan 1 menit, Arif Budiman sudah membuka peluang dengan melesatkan tendangan keras yang mengarah ke gawang Persip.

Namun, kiper Persip tampak sigap memblok tendangan keras Arif Budiman. Bola muntah sempat hinggap di depan Arif Budiman. Namun, lagi-lagi Arif gagal menyelesaikan peluang lantaran tendangannya melambung di atas mistar gawang.

Memasuki menit 50, Arif Budiman kembali mendapat peluang setelah memanfatkan kemelut di depan gawang Persip. Namun, meski tendangan Arif berhasil menjebol gawang Persip, tapi wasit menganulir golnya. Wasit menilai Arif melakukan pelanggaran sebelum menceploskan bola ke gawang Persip. Kedudukan pun masih tetap 2-0 untuk PSGC.

Untuk menambah daya gedor serangan, pelatih Persip melakukan pergantian pemain di sektor depan. Begitupun pelatih PSGC menarik Anggo Julian setelah terlihat ditandu keluar lapangan akibat berbenturan dengan pemain Persip. Anggo pun digantikan oleh Susanto.

Di menit ke 58, PSGC kembali membuat ancaman ke gawang Persip setelah umpan dari Amar diselesaikan oleh Arif Budiman. Lagi-lagi, tendangan Arif melambung di atas mistar gawang Persip.

Memasuki menit ke 75, pelatih PSGC menarik Joko Sasongko dan digantikan oleh Dimas Galih. Selang dua menit kemudian, Arif Budiman akhirnya memecahkan kesulitan mencetak gol setelah tendangan kerasnya yang mengarah ke gawang  tidak berhasil ditangkap kiper Persip. Kedudukan pun berubah menjadi 3-0 untuk PSGC.

Memasuki menit 80, kiper PSGC Ghoni Yanuar tampak ditarik keluar dan digantikan Iwan Setiawan. Meski di sisa waktu 10 menit babak kedua kedua tim saling berganti melakukan serangan, namun tak satu gol pun tercipta. Hingga babak kedua usai, kedudukan tetap 3-0 untuk kemenangan PSGC. (es/R2/HR-Online)

Klasemen Sementara ISC Seri B Grup 3

NoKlubMainMenangSeriKalahGolPoin
1PSGC Ciamis1054117-619
2PSCS Cilacap961214-319
3Persip Pekalongan1050411-1315
4Persika Karawang104159-1213
5Persis Solo93339-712
6Persibangga Purbalingga102354-109
7Persibas Bayumas102266-168

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!