Brukkk…Puluhan Siswa di Ciamis Pingsan Saat Upacara Pramuka

15/08/2016 0 Comments
Brukkk…Puluhan Siswa di Ciamis Pingsan Saat Upacara Pramuka

Puluhan siswa yang pingsan tengah beristirahat di pinggir lapang saat upacara Hari Pramuka di halaman Kantor Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Photo: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Puluhan siswa tiba-tiba jatuh tak sadarkan diri saat berbaris dalam upacara memperingati Hari Pramuka ke 55 di halaman Kantor Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Senin (15/8/2016).

Peristiwa tak terduga tersebut terjadi saat para siswa tengah berbaris dengan posisi tegap dibawah teriknya matahari. Saking panasnya, satu persatu guru pendamping sibuk mengevakuasi siswanya yang terkapar dilapangan.

“Kemungkinan besar mereka pingsan akibat kelelahan dan kondisi yang panas. Selain itu, mereka belum sarapan. Jadi mereka terpaksa dibawa ke tempat yang lebih teduh untuk mendapatkan perawatan dan istirahat,” ujar Agus, S.Pd, salah satu guru pembimbing, kepada HR Online.

Sementara itu, rata-rata siswa yang pingsan adalah siswa SD. Sedangkan perawatan yang diberikan kepada siswa hanya perawatan ringan, seperti pemberian makan, minum, serta minyak angin supaya cepat sadarkan diri. Kendati tidak ada yang dilarikan ke Puskemas, siswa hanya dievakuasi ke pinggir lapang yang memang cukup teduh dari terik matahari.

“Baiknya sebelum kegiatan upacara, orang tua khususnya memberikan nasehat supaya siswa makan terlebih dahulu. Kita sebagai guru tahunya siswa sudah siap melaksanakan kegiatan. Jadi, kesehatan juga perlu diperhatikan supaya daya tahan tubuh tetap terjaga,” pungkasnya. (Dji/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!