Cerita Mantan Walikota, Hantu Mirip Noni Belanda Gentayangan di Pendopo Banjar

08/08/2016 0 Comments
Cerita Mantan Walikota, Hantu Mirip Noni Belanda Gentayangan di Pendopo Banjar

Gedung Pendopo Kota Banjar yang berada di Jalan Mesjid Agung, dikenal angker dan sering terlihat adanya penampakan makhluk halus mirip noni Belanda. Photo: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Membicarakan mitos atau cerita mistis sampai kapan pun tidak akan ada habisnya. Di setiap wilayah atau daerah pasti mempunyai cerita mistis. Sebab, yang hidup di dunia bukan hanya manusia saja, melainkan mahkluk ghaib pun keberadaannya ada di sekitar kita, karena Alloh menciptakan jin dan manusia.

Keberadaan makhluk ghaib pun tidak hanya di tempat-tempat gelap saja, namun di tempat yang terang juga ada, seperti halnya di Pendopo Kota Banjar, kantor sekaligus rumah dinas Walikota Banjar, yang berlokasi di Jalan Mesjid Agung.

Seperti diungkapkan oleh mantan Walikota Banjar dua periode, DR. dr. H. Herman Sutrisno, kepada Koran HR, saat ditemui di Pendopo, Jum’at (29/07/2016) lalu. Diakuinya, gedung Pendopo Banjar memang terkenal angker.

Bahkan, saat dia masih menjabat sebagai walikota, dirinya mengaku kerap melihat penampakan sosok makhluk halus di dalam Pendopo. Sosok tersebut terlihat berpakaian mirip seperti noni Belanda.

“Sebelum dibangun Pendopo seperti sekarang, dulu tempat ini merupakan bangunan peninggalan zaman Belanda, yang hingga kini pun masih dihuni oleh makhluk halus mirip noni Belanda,” ujarnya.

Menurut Herman, sosok makhluk halus tersebut terkadang menganggu dengan cara melempar sebuah benda seperti kaca mata, cangkir, atau benda lainnya. Bahkan, tak jarang membuka tutup kain gorden kamar.

“Biasanya kalau kondisi sudah seperti itu, saya langsung minum obat tidur dan langsung terlelap hingga pagi hari,” tuturnya, sambil tertawa.

Dia juga mengatakan, beberapa waktu lalu pernah ada tukang ojek yang sedang narik penumpang seorang perempuan berbaju putih, rambut panjang dan berparas cantik dari kawasan terminal.

Namun, penumpang tersebut minta turun di depan Pendopo, dan masuk ke dalam Pendopo dengan melayang lalu menghilang. “Tukang ojek tersebut hanya bisa melongo, dan dia pun langsung cabut karena ketakutan,” kata Herman.

Keangkeran gedung Pendopo dibenarkan pula oleh salah seorang warga Banjar, Rismayani (35). Dia menuturkan, pada saat mengantarkan anaknya yang masih balita akan buang air kecil di toilet Mako Pol PP, yang kantornya berdampingan dengan gedung Pendopo, dirinya melihat sosok perempuan berbaju putih di dekat jendela Pendopo.

“Karena takut, saya pun memutuskan kembali lagi ke Alun-alun. Serem juga sih, sosok perempuan itu tengah tertunduk dan berdiri di depan jendela Pendopo,” ungkap Rismayani.

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Banjar, Yayan Herdiaman, mengaku memang mendengar dari cerita orang-orang bahwa gedung Pendopo sangat angker. Namun, hingga saat ini dia tidak pernah melihat sosok hantu noni Belanda yang diceritakan banyak orang.

Keberadaan makhluk halus mirip noni Belanda memang tidak banyak yang tahu. Namun meski begitu, banyak orang merasa penasaran akan cerita mistis tersebut. Seperti yang diucapkan Iyan (26), salah satu pedagang mainan di kawasan Alun-alun Banjar.

Dirinya mengaku penasaran akan kebenaran adanya cerita hantu mirip noni Belanda di Pendopo Banjar. “Kalau lihat sih belum pernah, tapi saya hanya mendengar cerita ini dari orang lain,” kata Iyan. (Hermanto/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!