Diskopperindag Ciamis ‘Dongkrak’ Produksi Gula Cetak Standar Ekspor

13/08/2016 0 Comments
Diskopperindag Ciamis ‘Dongkrak’ Produksi Gula Cetak Standar Ekspor

ILustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopperindag) Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, saat ini tengah berupaya mendongkrak kualitas produksi gula cetak, baik gula kelapa ataupun gula aren agar sesuai standar ekspor.

Kepala Bidang Perindustrian, Hj. Enok Kursilah, S.Sos, didampingi Kasi Industri Logam Mesin Elektronik dan Aneka (ILMEA), Ani Sopiani, ST.,M.Si, ketika ditemui Koran HR, Senin (08/08/2016), membenarkan upaya peningkatan kualitas gula cetak asal Ciamis tersebut.

Ani menjelaskan, pihaknya terus gencar melaksanakan pelatihan dan pembinaan terhadap pengrajin atau pelaku industri gula cetak. Untuk memenuhi standar ekspor, pihaknya menganjurkan agar produksi gula cetak diarahkan ke organik.

“Untuk membuat gula cetak organik dan layak ekspor, kami menyarankan kepada pengrajin agar tidak membubuhi bahan baku gula dengan zat yang mengandung kimia pada saat memproduksi gula cetak,” kata Ani.

Selain meningkatkan kualitas produksi gula cetak, Ani menuturkan, kegiatan pembinaan dan pelatihan yang dilaksanakan pihaknya bertujuan juga untuk membantu melepaskan dan mengeluarkan pengrajin gula cetak dari jeratan para tengkulak. 

Menurut Ani, selama ini para pengrajin sangat ketergantungan sekali terhadap para tengkulak. Akibatnya, kesejahteraan para pengrajin menjadi tidak stabil lantaran gula cetak yang mereka produksi dibeli tengkulak dengan harga yang sangat rendah.

“Pengrajin yang terlanjur terjerat tengkulak tidak memiliki kebebasan untuk menentukan harga jual. Gara-garanya mereka memiliki urusan finansial dengan tengkulak, sehingga harga jual gula cetak di tingkat pengrajin terus ditekan,” katanya. (Deni/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!