Diterjang Banjir, Petani dan Pemilik Kolam Ikan di Pangandaran Merugi

01/08/2016 0 Comments
Diterjang Banjir, Petani dan Pemilik Kolam Ikan di Pangandaran Merugi

Undang saat berada di sawah miliknya. Photo: Entang SaefulRachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Intensitas curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, mengakibatkan banjir di berbagai tempat. Sementara itu, Sungai Tungilis yang menjadi sungai pembuangan air hujan, tidak mampu menahan banyaknya debit air.

Ilan, Kepala Desa Tunggilis, menuturkan banjir bukan hanya merendam pemukiman rumah penduduk saja, melainkan ratusan kolam ikan dan areal pesawahan milik warga pun turut terendam banjir. Kendati banjir berangsur surut, namun kerugian dirasakan dampaknya oleh warga.

“Semuanya kena dampak banjir. Bukan hanya rumah penduduk saja, tapi kolam ikan serta pesawahan juga  kena. Akibat dari banjir tersebut, warga merugi hingga mencapai puluhan juta rupiah,” ujar Ilan kepada HR Online, Minggu (31/7/2016)

Hal senada juga di sampaikan oleh Undang, petani Desa Tunggilis. Undang mengaku areal sawahnya juga ikut terendam banjir. Walaupun semakin surut, Undang khawatir banjir susulan akan terjadi, sehingga sawah miliknya yang sudah ditanami padi akan mengalami gagal panen.

“Walaupun sekarang sudah surut, saya akan memanen sekitar 2 pekan lagi. Tapi jika banjir datang lagi, otomatis akan panen lebih awal. Saya khawatir gagal panen akibat banjir ini,” ucapnya. (Ntang/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!