Ekonomi Nasional Labil, Penjual Hewan Qurban di Ciamis “Merana”

23/08/2016 0 Comments
Ekonomi Nasional Labil, Penjual Hewan Qurban di Ciamis “Merana”

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Mendekati perayaan hari raya Idul Adha, sejumlah pedagang musiman hewan qurban di Kabupaten Ciamis mengeluhkan penjualan yang semakin menurun dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini seperti yang dirasakan Dian, warga Desa Ciakar, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, saat ditemui di rumahnya, Senin (22/8/2016). Menurutnya, penurunan penjualan tersebut akibat permintaan yang sedikit dari masyarakat, sehingga kegelisahan meraup untung sedikit membayanginya tahun ini.

“Biasanya stok hewan qurban, sapi, terjual mencapai 60 ekor setiap musim lebaran Idul Adha pada H-20.  Tapi sekarang Cuma baru terjual 25 ekor saja. Bisa repot nanti kalau seperti ini terus,” jelasnya.

Dia menduga penurunan tersebut karena bersamaan dengan tahun ajaran baru sekolah maupun kuliah yang mana prioritas uangnya digunakan untuk kepentingan pendidikan dibanding qurban.

“Keterpurukan ekonomi Indonesia juga sangat mempengaruhi penjualan hewan qurban. Nyatanya, banyak barang-barang yang naik harganya, peralihan premium ke pertalite dan masih banyak masalah ekonomi yang dihadapi saat ini,” pungkasnya. (Den/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!