Hati-hati “Siapa Intip Facebook Kamu” Jebak Pengguna di Indonesia

12/08/2016 0 Comments
Hati-hati “Siapa Intip Facebook Kamu” Jebak Pengguna di Indonesia

Photo: net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Belakangan ini ramai postingan maupun komentar pada Facebook “Cari tahu siapa yang mengintip Facebook kamu. Yang mengintip Facebookku adalah…,” yang selalu muncul dari pada kolom wall pengguna maupun komentar.

Menjadi penasaran, begitulah target pembuatnya yang telah menjebak pengguna Facebook yang kebanyakan tidak sadar menyebarkan Spam Bot saat mengikuti langkah-langkah yang dianjurkan pada postingan tersebut.

Alfons Tanujaya, praktisi internet dari vaksin.com, mengatakan, iming-iming mengetahui siapa yang mengintip Facebook tidak lain adalah pancingan mengelabui pengguna supaya terjebak Spam Bot yang diduga berasal dari salah satu daerah yang ada di Indonesia. Teknik semacam itu biasa disebut rekayasa sosial (social engineering).

Sampai saat ini, Alfons menyebutkan target pengguna rata-rata adalah pemilik Facebook. Pasalnya, basis pengguna yang sangat banyak dan didukung oleh aplikasi eksternal yang dibuat pihak ketiga sehingga banyak celah untuk dieksploitasi data dan hak pengguna Facebook.

Seperti halnya pengguna diminta mengunduh HTC Sense yang diikuti hak akses posting Facebook pada aplikasi yang telah disusupi Spam Bot melalui barisan kode “Access Token” Facebook. Saat di copy paste, Spam Bot pun melancarkan aksinya.

Dalam beberapa kasus, Alfons menyebutkan spam yang sengaja dibuat bertujuan mengalihkan pengguna Facebook mengarah pada situs pemilik spam tersebut, sebagai contoh siapalihat.com. Dengan tujuan meningkatkan trafik agar mendapatkan uang dari iklan Google Ads, spam tersebut juga berperan sebagai perantara menanamkan pada akun pengguna Facebook.

Kendati teknik seperti itu sudah cukup kuno, namun masih banyak pengguna yang terjebak. Alfons menyarankan agar para pengguna Facebook tidak terpancing dengan iming-iming yang muncul pada jebakan spam tersebut.

Seperti yang dicontohkan Alfons pada laman vaksin.com, yakni pembuat spam mengarahkan pada situs siapalihat.com, HR Online mencoba mengakses situs siapalihat.com. Namun sudah tidak bisa dibuka. Besar kemungkinan pembuat spam tersebut bakal kembali lagi dengan situs yang sama maupun situs lain. Jadi, pengguna Facebook harus berhati-hati dengan jebakan semacam itu. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!