Ini Dia Dampak Buruk Teralu Sering Olahraga

18/08/2016 0 Comments
Ini Dia Dampak Buruk Teralu Sering Olahraga

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Kegiatan olahraga memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun olahraga juga menjadi ancaman bagi seseorang yang memforsir dirinya melakukan olahraga setiap hari.

Hal tersebut dikemukakan oleh seorang direktur kelompok kebugaran di lembaga Crunch, Michelle Opperman serta Jan Milano, pelatih olahraga di CSCS dan DIAKADI. Mereka menyebutkan gejala buruk secara psikologis dan fisiologis bagi seseorang yang terus menerus olahraga setiap hari tanpa jeda yang mengakibatkan “Sindrom Overtraining.”

Ketika seseorang mengalami sindrom overtraining, seperti yang dialansir dari Fox News, kemungkinan yang terjadi adalah:

– Kehabisan kadar Glikogen. Glikogen yang merupakan sumber energi tubuh untuk menunjang aktifitas. Saat terlalu banyak aktifitas, olahraga, maka kadar glikogen semakin berkurang. Dengan berkurangnya glikogen, maka otot akan lemah dan olahraga tidak akan sesuai manfaatnya.

– Peningkatan Kortikosteroid. Saat tubuh tidak diberi kesempatan istirahat, maka hormon stres (Kortison dan kortisol) akan memberi dampak buruk bagi penurunan berat badan, dan bahkan dapat menyulitkan pembakaran lemak perut. Selain itu, sel-sel tempur untuk melawan penyakit terhambat.

– Sering tidak fit. Terlalu sering olahraga juga membuat otot tubuh tidak bisa pulih yang menyebabkan peradangan, nyeri dan pembengkakan. Karena hal ini, tubuh menjadi cepat lelah dan gampang sakit.

– Bosan berolahraga. Merasa sering lelah dan tidak enak badan karena dampak terlalu sering olahraga mebuat semangat serta motivasi olahraga menurun. Akibatnya, tegang dan depresi serta amarah yang meningkat membuat olahraga tidak lagi menyenangkan.

Jadi, Opperman dan Jan Milano menganjurkan seseorang untuk memanfaatkan 1 sampai 2 hari dalam waktu 1 minggu untuk libur dari olahraga. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!