Ini Strategi Disnak Bangkitkan Usaha Ternak Ayam Sentul di Ciamis

02/08/2016 0 Comments
Ini Strategi Disnak Bangkitkan Usaha Ternak Ayam Sentul di Ciamis

Ilustrasi Ayam Sentul. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Sutriaman, mengatakan, untuk membangkitkan usaha ternak ayam sentul di Ciamis, pihaknya akan melibatkan kelompok ternak. Selain membantu para pelaku usaha kecil, langkah itupun untuk merangsang para pengusaha ayam agar tertarik mengembangkan bisnis ternak ayam sentul.

“Kalau usaha yang dikelola kelompok nantinya berhasil, saya yakin akan banyak pengusaha yang tertarik berbisnis ternak ayam sentul,” ungkapnya, kepada Koran HR, di ruang kerjanya, pekan lalu. [Berita Terkait: Disnak Dorong Berkembangnya Usaha Ternak Ayam Sentul di Ciamis]

Pihaknya, kata Sutriaman, saat ini sudah membangun tempat penetasan DOC ayam sentul di Desa Sukamaju, Kecamatan Baregbeg. Ditargetkan, pada tahun 2017 mendatang sudah bisa melakukan kerjasama dengan sejumlah kelompok ternak. “ Saat ini masih tahap pembenahan sarana dan prasarana. Mudah-mudahan tahun depan kami sudah bisa menyuplai DOC ke sejumlah kelompok ternak,” ujarnya.

Dalam teknis kerjasama, terang Sutriaman, diawali dengan program pembesaran DOC ayam sentul yang dilakukan oleh kelompok ternak. Di samping itu, pihaknya pun akan menurunkan petugas untuk membina dan melatih para kelompok ternak dalam pembesaran ayam sentul.

“Setelah program pembesaran DOC sukses, kemudian kami pun akan memberikan pelatihan penetasan DOC kepada kelompok. Diharapkan kedepannya kelompok sudah bisa mandiri tanpa harus dibantu kami lagi,” ujarnya.

Kelompok yang sudah berhasil, lanjut Sutriaman, nantinya akan diminta untuk memberikan pelatihan dan pembinaan kepada kelompok ternak lainnya. “Jadi, kami berharap kelompok yang sukses berternak ayam sentul bisa menularkan ilmunya ke kelompok lain. Sehingga, kedepannya usaha ternak ayam sentul bisa memasyarakat di Kabupaten Ciamis,” harapnya.

Sutriaman pun optimis program ini nantinya akan disambut baik oleh masyarakat Ciamis. Karena, belum memasyarakatnya usaha ternak ayam sentul di Ciamis, disebabkan dari minimnya informasi yang diterima masyarakat. “Kalau masyarakat tahu usaha ini menggiurkan, pasti bakal banyak yang berminat,” ujarnya. (Bgj/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!