Jelang Bulan Haji, Permintaan Produk ‘Gula Semut’ di Ciamis Meningkat

22/08/2016 0 Comments
Jelang Bulan Haji, Permintaan Produk ‘Gula Semut’ di Ciamis Meningkat

Produksi UKM Gula Sembit di Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Memasuki musim haji tahun 2016, pengrajin gula semut Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, diserbu peminat. Pasalnya, gula semut produksi warga Sidamulih diyakini mampu meningkatkan stamina dan menjaga vitalitas tubuh.

Parwita, warga Sidamulih, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, membenarkan memasuki musim haji tahun ini permintaan gula semut produk warga Sidamulih mengalami peningkatan cukup signifikan.

“Permintaan gula semut tahun ini terus meningkat seiiring datangnya bulan haji. Biasanya pasaran gula semut produksi kami ini hanya diminati oleh para Pegawai Puskesmas dan pegawai kecamatan saja. Namun kali ini permintaan gula semut meningkat hingga lebih dari lima puluh persen,” tuturnya.

Senada dengan itu, Warcih, pengrajin lainnya, mengatakan, saat ini omset gula semut produksi industri rumah tangga warga Desa Sidamulih sedang mengalami peningkatan. Sayangnya, para pengrajin masih kesulitan bahan baku.

“Seiringnya peningkatan permintaan gula semut, saya menghadapi kendala bahan baku. Karena pembuatan gula semut ini menggunakan air nira pilihan, tidak semua nira bisa dijadikan gula semut. Dalam sehari saya hanya mampu memproduksi lima kilo gram gula semut siap konsumsi,” katanya. (Suherman/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!