Jelang LT III Pramuka, Pangkalan SDN 1 Cipaku Ciamis Tingkatkan Latihan

29/08/2016 0 Comments
Jelang LT III Pramuka, Pangkalan SDN 1 Cipaku Ciamis Tingkatkan Latihan

Dalam rangka mempersiapkan lomba Pramuka di tingkat kabupaten, Gudep 14-120 Pangkalan SDN 1 Cipaku, Kabupaten Ciamis, terus menggelar latihan. Photo: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Persiapan menghadapi Lomba Tingkat (LT) III Pramuka di tingkat kabupaten pada bulan Oktober mendatang, Gudep 14-120 Pangkalan SDN 1 Cipaku, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, terus melakukan latihan dan pemantapan materi bertempat di halaman Bale Desa Cipaku, Jum’at (26/08/2016).

Mabigus 14-12, Tatang Hermawan, S.Pd., mengatakan, setelah regu putri Pangkalan SDN 1 Cipaku  dinyatakan sebagai juara pertama pada LT II,  pihak sekolah dan para pembina terus meningkatkan latihan.

“Kegiatan Pramuka yang biasa dilaksanakan satu kali dalam seminggu, untuk persiapan mengikuti lomba di tingkat kabupaten maka latihan ditingkatkan menjadi dua kali,” katanya, kepada HR Online, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/08/2016).

Lanjut Tatang, pemantapan dan latiha Pramuka bukan orientasi semata untuk menjadi juara. Namun lebih kepada mempersiapkan Pramuka Penggalang sebagai kader bangsa yang memiliki kepribadian, dan kepeminpinan yang berjiwa Pancasila, disiplin, sehat rohani dan jasmani, serta berkomitmen terhadap kode kehormatan Pramuka, gerakan Kwaran Kecamatan Cipaku yang telah menggelar perkemahan LT II.

Sementara itu, Ade Nunung Nurjanah, S.Pd., sebagai pembina, menjelaskan, materi untuk kegiatan LT III diambil dari Syarat Kecakapan Umum (SKU), dan kegitan rutin yang diberikan dalam latihan satuannya masing-masing.

“Termasuk data tata laksana regu kegitan dalam rangka mempersiapkan diri membangun masyarakat, seperti yang termaksud dalam Trisatiya untuk Pramuka Penggalang,” terang Ade.

Pembina lainnya, Yus Rusmana Sudia, S.Pd., menambahkan, peningkatan latihan Pramuka ditujukan untuk mempersiapkan regu yang akan dikirim pada kegitan LT III tingkat Kabupaten Ciamis.

Menurut Yus, selain untuk melahirkan kader bangsa yang memiliki kepribadian dan memiliki jiwa Pancasila, pihaknya juga berharap kontingen perwakilan dari Kwaran Cipaku nantinya bisa meraih juara umum di LT III. Sehingga pelaksanaan latihan dilaksanakan secara bersama-sama.

“Adanya peningkatan latihan tak lain agar memiliki persiapan matang, serta memperkuat silaturahmi antar Pramuka yang akan menjadi duta di tingkat kabupaten. Sehingga bisa menambah wawasan ke-Pramuka-an,” harap Yus.

Salah seorang anggota regu PI Pangkalan SDN 1 Cipaku, Sinta Bela Regina, mengaku, kesuksesan dalam meraih prestasi pada LT II merupakan kemenangan bersama. Sebab, tanpa adanya pelatihan dan gemblengan dari para pembina serta kekompakan dalam regu, mana mungkin bisa meraih prestasi dan menjadi utusan dari tingkat kecamatan. (Dji/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!