Kasus Penyimpangan Proyek Lapang Atletik, DPRD Ciamis Khawatir Ada Kesengajaan

26/08/2016 0 Comments
Kasus Penyimpangan Proyek Lapang Atletik, DPRD Ciamis Khawatir Ada Kesengajaan

Ketua Komisi III DPRD Ciamis, Oyat Nur Ayat, bersama anggotanya saat melakukan sidak ke proyek pembangunan lapang atletik di Keluarahan Linggasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Kamis (25/08/2016). Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

DPRD Ciamis akan memanggil Dinas Cipta Karya, Kebersihan dan Tata Ruang  (DCKTTR) Ciamis untuk meminta pertanggungjawaban terkait permasalahan pengerjaan proyek pembangunan lapang atletik di Keluarahan Linggasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, yang ukuran panjang lintasannya tidak sesuai dengan perencanaan awal atau tidak berstandar nasional.

“Kita akan mencari tahu dimana sebab kesalahan proyek ini hingga bisa tidak sesuai dengan perencanaan awal. Karena kita khawatir dalam kesalahan ini ada unsur kesengajaan,” ujar Ketua Komisi III DPRD Ciamis, Oyat Nur Ayat, kepada HR Online, Jum’at (26/08/2016).

Oyat mengatakan, setelah pihaknya melakukan sidak lapangan, diperoleh keterangan bahwa kesalahan itu disebabkan dari gambar perencanaan. Namun demikian, tambah dia, pihaknya tetap akan melakukan pemanggilan hingga diketahui secara pasti siapa pihak yang harus bertanggungjawab.

“Bisa saja ini kesalahan kolektif, artinya ada miskomunikasi antara dinas terkait, konsultan dan rekanan. Bisa juga disebabkan oleh salah satu pihak. Untuk memastikan hal ini, kita akan memanggil seluruh pihak yang berkaitan dengan proyek tersebut untuk diminta penjelasannya,” katanya.

Namun begitu, tegas Oyat, meski siapapun yang bersalah, dinas terkait sebagai pengguna anggaran, tetap harus menjadi pihak yang bertanggungjawab. “Kalau kesalahan ini, misalnya, karena kesalahan pemborong atau konsultan, dinas terkait tetap harus diminta pertanggungjawaban, karena lalai dalam melakukan pengawasan,” tegasnya.

Oyat mengatakan wajar apabila Sekda Ciamis, Herdiat, sebagai Ketua Cabor Atletik Kabupaten Ciamis, marah ketika melihat dalam pengerjaan proyek ini ditemukan kesalahan. Dia pun sepakat proyek ini harus dikerjakan sesuai perencanaan agar hasilnya tidak mubazir. (es/Bgj/R2/HR-Online)

Berita Terkait

Pengerjaan Proyek Lapang Atletik Ada Penyimpangan, Sekda Ciamis Marah

Pengerjaan Proyek Lapang Atletik Ada Penyimpangan, Ini Komentar Bupati Ciamis

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!