Kebutuhan Anggaran Pilkada di Ciamis Capai Rp.54 Miliar

19/08/2016 0 Comments
Kebutuhan Anggaran Pilkada di Ciamis Capai Rp.54 Miliar

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kebutuhan anggaran untuk pemilihan kepala daerah di Kabupaten Ciamis, bersamaan dengan pemilihan Gubernur Jabar yang akan berlangsung tahun 2018 mencapai Rp.54 miliar.

Hal tersebut dikatakan Ketua KPU Ciamis, Kikim Tarkim. Namun menurutnya, tentu ada sharing dengan Pemerintah Provinsi Jabar, karena pilkada serentak tidak hanya memilih bupati saja, tapi sekaligus pemilihan gubernur.

“Memang kalau dibandingkan dengan yang lain, untuk pos honor pemutakhiran data di setiap TPS membutuhkan dana besar,” ungkapnya, Jum’at (18/08/2016).

Kikim menyebutkan, besarnya biaya pemutakhiran dan honor untuk PPK disesuaikan dengan Surat Edaran Menteri Keuangan menyangkut honor petugas pemutahiran data di TPS.

Petugas pemutakhiran data pemilih di setiap TPS sebelumnya mendapatkan honor sebesar Rp. 350.000 per petugas, dan dinaikkan menjadi Rp.800.000. Begitu pula PPK yang sebelumnya Rp.1,25 juta naik menjadi Rp.1,8 juta.

“Kami perkirakan untuk honor saja mencapai 28 miliar rupiah. Kami juga masih menganggarkan alat peraga kampanye, sebab belum ada aturan baru yang menyatakan dikembalikan ke calon. Kalau APK ditanggung oleh calon, maka kebutuhan anggaran pun berkurang banyak,” kata Kikim. (Den/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!