Kesenian Bebegig Ciamis Peroleh Penghargaan dari Yayasan ORI

19/08/2016 0 Comments
Kesenian Bebegig Ciamis Peroleh Penghargaan dari Yayasan ORI

Kesenian Bebegig asal Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Bebegig, kesenian asal Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memperoleh penghargaan dari Yayasan Original Rekor Indonesia (ORI). Penghargaan itu diterima saat pemerintahan desa Sukamantri menggelar pertunjukan dan karnaval seni dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, di Kecamatan Sukamantri, Rabu (17/08/2016) lalu.

Pada acara yang bertajuk, “Ekspos Pariwisata dan Ketahanan Pangan” ini, dipentaskan 220 bebegig dan juga dimeriahkan oleh penampilan kesenian sunda lainnya, seperti jaipongan dan calung. Untuk menegaskan identitas kesenian ini berasal dari daerah tersebut, pemerintahan desa setempat membangun patung bebegig berukuran 10 meter x 7 meter yang dipajang di depan Kantor Balai Desa Sukamantri.

Kasi Kesenian dan Perfilman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ciamis, Dedi Kusmana, mengatakan, penghargaan yang diberikan Yayasan Original Rekor Indonesia (ORI) merupakan sebuah pengakuan bahwa kesenian Bebegig berasal dari Kecamatan Sukamantri. Penghargaan lain pun diberikan kepada Kepala Desa Sukamantri sebagai pihak yang dinilai peduli dalam melestarikan kesenian Bebegig.

“Penghargaan ini tentunya sebagai penegasan bahwa Bebegig merupakan kesenian asli Kabupaten Ciamis dalam hal ini Kecamatan Sukamantri. Jadi, dengan adanya pengakuan tersebut, kesenian ini tidak bisa diklaim daerah lain,” ujarnya, kepada HR Online, Jum’at (19/08/2016).

Dedi mengatakan kesenian bebegig sudah menjadi icon parawisata Kabupaten Ciamis. Makanya, kesenian bebegig kerap mengikuti pentas seni dan budaya di berbagai daerah di Indonesia. “Kesenian bebegig ini dinilai unik dan memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Makanya, saat bebegig mentas di berbagai daerah, selalu menjadi perhatian,” pungkasnya. (Bgj/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!