Mencangkul di Pekarangan Rumah, Warga Kawali Ciamis Temukan Granat Aktif

01/08/2016 0 Comments
Mencangkul di Pekarangan Rumah, Warga Kawali Ciamis Temukan Granat Aktif

Ilustrasi Granat. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Engkus (63), warga Dusun Pari RT 03/RW 03 Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, menemukan sebuah granat mortir saat berkebun di pekarangan rumahnya. Granat yang diduga masih aktif itu setelah ditemukan langsung diserahkan ke Mapolsek Kawali.

Saat ditemui di rumahnya, Senin (01/08/2016), Engkus, mengatakan, saat dirinya mencangkul tanah di pekarangan rumahnya, Sabtu (30/07/2016), tiba-tiba saja ujung cangkul membentur benda keras. Dia awalnya mengira benda keras itu adalah batu.

Setelah benda keras itu berhasil digali, kata dia, kemudian diambil dan dilemparnya hingga membentur tiang pos ronda yang tak jauh dari lokasi kebun. “Tapi, saat benda itu tergeletak, terlihat di belakangnya ada  sebuah tali kawat. Kemudian saya ambil kembali dan dibersihkan dari balutan tanah,” katanya.

Engkus menambahkan, setelah benda keras itu sudah dibersihkan, kemudian terlihat seperti benda aneh. Dia pun sempat curiga bahwa benda itu sebuah granat yang bisa membahayakan jiwanya. “Tapi, waktu itu saya belum yakin. Karena saya pikir mana mungkin di rumah saya ada granat. Waktu itu saya mengira benda ini adalah benda pusaka,” katanya.

Karena penasaran, lanjut Engkus, dirinya pun lantas melaporkan penemuan benda aneh itu ke kepala dusun setempat. “Saat benda itu diserahkan ke Pak Dusun, katanya seperti sebuah granat. Kemudian kami sepakat untuk melaporkan ke polisi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dusun Pari, Karsa Sukarsa, membenarkan hal itu. Dia mengatakan, setelah memperhatikan benda aneh yang dibawa Engkus, dirinya kemudian menyimpulkan bahwa benda itu sebuah granat. “Kami tak mau ambil resiko. Makanya langsung lapor ke Polsek Kawali,” katanya. (Edji/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!