Peduli Lingkungan, Ratusan Calon Mahasiswa di Banjar Bersih-bersih Pasar Banjar

28/08/2016 0 Comments
Peduli Lingkungan, Ratusan Calon Mahasiswa di Banjar Bersih-bersih Pasar Banjar

Sejumlah calon mahasiswa STAIMA Kota Banjar tengah membersihkan sampah di komplek Pasar Banjar, Minggu (28/8/2016). Photo: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Ratusan calon mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar melakukan bhakti sosial bersih-bersih sampah di Pasar Banjar dan bagi sembako serta santunan anak yatim di sejumlah tempat, Minggu (28/8/2016).

Ketua Panitia, Mardiyah, mengatakan, kegiatan tersebut sengaja dilakukan oleh Panitia Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) STAIMA Banjar karena melihat intensitas sampah dari pasar mencapai 1 ton setiap harinya. Selain itu, sebagai bentuk kepedulian calon mahasiswa terhadap kebersihan, khususnya di Pasar Banjar.

Usai bersih-besih, calon mahasiswa pun diberi tugas menggali informasi seputar perekonomian yang ada di Pasar, yakni wawancara kepada pedagang pasar.

“Ini langkah awal kita mengedukasi calon mahasiswa untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan di Kota Banjar. Peran mahasiswa sebagai kaum akademik juga perlu diimbangi dengan jiwa sosial,” ujarnya.

Dari seluruh calon mahasiswa yang ada, imbuh Mardiyah, dibagi dalam tiga kelompok, yakni 2 kelompok untuk bhakti sosial membagikan sembako dan santunan anak yatim di Langensari dan di Desa Binangun. Sedangkan 1 kelompok lagi difokuskan bersih-bersih pasar.

“Setelah 2 hari pelaksanaan Ospek, hari ketiga ini adalah yang terakhir. Setiap tahunnya pasti agenda ini dilaksanakan sebagai wujud bhakti mahasiswa kepada masyarakat, khususnya untuk Kota Banjar,” pungkasnya.

Edi, salah satu pedagang asongan di pasar Banjar, mengatakan, sampah di pasar Banjar sangat banyak sekali, terutama sampah sayuran yang biasanya kerap mengganggu kenyamanan pembeli karena mendatangkan bau yang menyengat. Melalui kegiatan mahasiswa tersebut, setidaknya ada efek positif untuk pembeli dan pedagang sekitar.

“Ini kegiatan yang sangat bagus. Saya harap ini bisa diikuti oleh elemen lain demi kebersihan Kota Banjar. Kota boleh bersih, tapi yang paling penting adalah kesadaran masyarakat akan kebersihan yang perlu ditanamkan,” katanya. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!