Pemdes Cibeureum Banjar Realisasikan Infrastruktur & Pemberdayaan

31/08/2016 0 Comments
Pemdes Cibeureum Banjar Realisasikan Infrastruktur & Pemberdayaan

Pengukuran untuk penyaluran air bersih dari sumur artesis melalui pipanisasi ke rumah-rumah warga. Photo: Dok. Pemdes Cibeureum.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Di tahun 2016 ini, Pemerintah Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, akan mendapatkan transfer bantuan keuangan desa sekitar Rp.3,2 miliar. Jumlah sebesar itu diperoleh dari Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), Dana Bagi Hasil Retribusi dan Pajak Daerah, serta dana bantuan kinreja dari Bantuan provinsi (Banprov). 

Kepala Desa Cibeureum, Yayan Sukirlan, mengatakan, untuk pencairan ADD tahap pertama rencananya akan dialokasikan untuk bidang infrastruktur berupa pembangunan/rehab kantor desa, pembayaran siltap dan tunjangan perangkat, operasional desa, serta tunjangan dan operasional BPD.

“Dari ADD juga akan dialokasikan untuk penataan dan penegasan batas desa. Jadi dalam hal ini mengerucut pada penataan dan penegasan batas RT, RW dan dusun. Di Cibeureum ini ada lima dusun, lima RW dan 23 RT,” terangnya, kepada Koran HR, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/08/2016).

Lebih lanjut Yayan mengatakan, bahwa ADD tidak hanya dialokasikan pada bidang infrastruktur saja, tapi juga pada sektor pemberdayaan masyarakat, baik segi pendidikan, ekonomi maupun prilaku yang diwujudkan melalui pelatihan/pembinaan kelembagaan desa, yakni LPM, PKK, Karang Taruna, RT, RW, dan Posyandu.

Sedangkan, bantaun keuangan dari Dana Desa akan digunkan untuk pemeliharaan dan pembangunan jalan kip atau rabat beton, pembangunan posyandu di dua titik, yaitu di Dusun Pasirnagara dan Cibodas, serta fasilitasi sarana dan prasarana air bersih skala desa.

“Yang paling besar terserapnya pada sarana prasarana air bersih skala desa yang lokasinya 1 titik di Dusun Babakan, dimana kami punya pompa air bantuan dari geologi provinsi. Cuma bantuan tersebut baru air saja, belum disalurkan ke rumah-rumah warga,” tutur Yayan.

Untuk itu, pihaknya akan memfasilitasi penyaluran air bersih melalui pipanisasi dan penyediaan tangki air. Dengan sistim pipanisasi, ada sekitar 220 kepala keluarga yang akan mendapatkan aliran air bersih.

Selain pipanisasi, kata Yayan, Desa Cibeureum juga punya lumbung, cuma tempatnya belum ada. Sehingga, pihaknya pun mengalokasikan Dana Desa untuk membuat sarana dan prasarana lumbung desa.

Dengan akan diterimanya ADD dan DD tahap pertama yang ditargetkan bulan Agustus ini bisa cair, Yayan selaku Kepala Desa Balokang, mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak berwenang, terutama Walikota Banjar.

“Meskipun Cibeureum mendapatkan dana bantuannya terkecil, tapi patut disyukuri. Mudah-mudahan apa yang dicita-citakan masyarakat terhadap semua APBDes bisa berlangsung dengan lancar, tidak ada hambatan apapun,” pungkas Yayan. (Eva/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!