Pemdes di Rancah Ciamis Ini Diminta Solusi Masalah Sampah

17/08/2016 0 Comments
Pemdes di Rancah Ciamis Ini Diminta Solusi Masalah Sampah

Ilustrasi Sampah. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga Dusun Tarikolot, Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis untuk menyediakan fasilitas tempat pembuangan sampah (TPS) sementara di wilayah tersebut.

Pasalnya, selama ini, sebagian warga Situmandala masih membuang sampah di sembarang tempat dan di sungai. Akibatnya, area pembuangan sampah tersebut menimbulkan bau yang tidak sedap dan membuat tidak nyaman warga yang menciumnya.

Karman (37), warga Tarikolot, ketika ditemui Koran HR, Selasa (09/08/2016) lalu, mengatakan, aksi buang sampah di sembarang tempat memang merupakan ulah warga yang tidak bertanggungjawab. Tapi apa boleh buat, minimnya fasilitas membuat warga terpaksa melakukannya.

”Ini sudah berlangsung setiap hari. Seandainya ada bak penampungan sampah, pasti tidak akan ada warga yang membuang sampah sembarangan, baik itu di pinggir jalan ataupun di sungai,” katanya.

Ahmad, warga Situmandala, ketika dimintai tanggapan, mengatakan, salah satu jalan keluar agar warga tidak membuang sampah di sembarang tempat adalah dengan penyediaan fasilitas tempat pembuangan sampah

Menurut Ahmad, sedimentasi dan banjir yang melanda sejumlah wilayah tidak jauh disebabkan karena keberadaan sampah di sungai. Akibatnya, air sungai meluap dan merendam sejumlah lokasi atau lahan milik warga.

Ahmad juga berharap pemerintah Desa Situmandala turut memikirkan jalan keluar berkaitan dengan keluhan soal sampah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. (Heri/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!