Pemkab Pangandaran Gelontorkan Dana 4.5 Miliar Untuk Kendaraan Promkes

26/08/2016 0 Comments
Pemkab Pangandaran Gelontorkan Dana 4.5 Miliar Untuk Kendaraan Promkes

Kendaraan roda 2 jenis matic X-Ride yang diperuntukkan petugas Promkes dan petugas gizi Kabupaten Pangandaran. Photo: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Penyerahan bantuan 30 kendaraan roda 2 jenis matic X-Ride kepada petugas Promkes dan petugas gizi oleh Pemkab Pangandaran diharapakan bisa membantu penyuluhan serta pembinaan kepada masyarakat yang ada di pedesaan guna mendeteksi perilaku hidup bersih dan sehat.

Seperti yang diungkapkan Kabid Pembinaan Kesehatan Masyarakat (Binkesmas) Dinkes Kabupaten Pangandaran, Hj. Tini Supriatiningsih. Menurutnya,  fungsi petugas Promkes dan petugas gizi yang diberi mandat melalui surat tugas di masing-masing Puskesmas akan melakukan penyuluhan, pembinaan serta sosialisasi kepada masyarakat.

“Petugas Promkes harus menguasai semua bidang kesehatan karena fungsinya mereka untuk menjelaskan dan memberikan penyuluhan soal kesehatan. Sedangkan untuk petugas gizi, mereka melaksanakan tindakan preventif dan promotif kesehatan di desa-desa terkait pendeteksian dini pentingnya asupan gizi pada masyarakat,” jelasnya kepada Koran HR, Rabu (17/8/2016) pekan lalu.

Lebih jauh, Hj. Tini menargetkan Cakupan Promkes dalam Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) mencapai 80 persen dari jumlah kelompok potensial. Yakni jumlah Posyandu 519 kelompok, Posbindu 72 kelompok, Poskesdes 44, Poskestren 2, Toga 2.303, pos UKK 2, POD 6, Dana sehat sebanyak 12 kelompok, dan jumlah UKGMD sebanyak 38.

“Anggaran bantuan kendaraan roda 2 ini bersumber dari DAK Kabupaten Pangandaran tahun anggaran 2016. Jumlah totalnya kurang lebih mencapai Rp. 4,5 Milyar dengan masing-masing unit seharga Rp. 15 juta lengkap dengan box yang dilengkapi dengan alat pemeriksa tensi, toa dan speaker serta lainnya,” pungkasnya. (Madlani/R6/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!