Pemkab Pangandaran Serahkan 30 Kendaraan Operasional Promkes

26/08/2016 0 Comments
Pemkab Pangandaran Serahkan 30 Kendaraan Operasional Promkes

Jeje saat menjajal kendaraan operasional roda 2 jenis matic X-Ride yang diberikan kepada petugas promosi kesehatan (Promkes). Photo: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata menyerahkan secara simbolis bantuan kendaraan operasional roda 2 jenis matic X-Ride kepada petugas promosi kesehatan (Promkes) dan petugas gizi yang akan ditempatkan pada 15 titik Puskesmas yang ada di Pangandaran.

Menurut Jeje, penyerahan kendaraan tersebut berguna untuk mendapatkan informasi kesehatan dan mendeteksi titik-titik rawan gizi buruk. Adanya kesadaran kesehatan yang masih kurang, dia tidak ingin ada lagi temuan kasus gizi buruk yang menimpa warganya seperti kasus Sifa akibat kemiskinan yang menderanya.

“Saya berharap titik-titik rawan gizi buruk bisa terdeteksi dari awal, ini pentingnya informasi lebih dini. Penyiapan Posyandu di desa berkewajiban membuat laporan derajat kesehatan yang  ada pada lingkungan sehat, bukan hanya pada persoalan bagaimana menyembuhkan orang-orang yang sakit. Ini yang suka dilupakan orang,” ucapnya kepada HR disela-sela peringatan HUT RI ke 71 di lapangan Parigi, Rabu (17/8/2016) lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Dede Saeful Uyun, mengatakan, bantuan yang berjumlah 30 unit kendaraan tersebut  merupakan program pendekatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selain berfungsi untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan ke desa tentang kesehatan, juga untuk pencegahan dini terhadap penyakit.

“Ini sesuai program dan visi misi Pemkab Pangandaran yang pihaknya terus berusaha melakukan pendekatan kepada masyarakat, terutama didaerah pedesaan yang jauh dari Puskesmas. Mudah-mudahan program ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya. (Mad/R6/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!