Pencak Silat Siap Dikemas Sebagai Ikon Pariwisata Pangandaran

30/08/2016 0 Comments
Pencak Silat Siap Dikemas Sebagai Ikon Pariwisata Pangandaran

Ratusan jawara pencak silat tengah bersiap unjuk gigi dengan beragam jurus dalam acara pentas jawara di Kabupaten Pangandaran. Rencananya acara tersebut akan menjadi agenda tahunan yang akan dikemas untuk parwisata. Photo: Entang SR/HR.  

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dalam upaya melestarikan seni budaya dan olahraga warisan nenek moyang, acara pentas jawara pencak silat rencananya akan dijadikan ikon tahunan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Acara tersebut akan dikemas untuk pariwisata.

Hal itu dikatakan Ketua IPSI Kabupaten Pangandaran, Hendar Suhendar, kepada HR Online, saat ditemui beberapa waktu lalu disela-sela kegiatan pentas jawara pencak silat di Pangandaran.

Menurutnya, selain untuk meramaikan jawara dari daerah pakidulan, seluruh murid dari puluhan padepokan pencak silat yang ada di Pangandaran pun hadir dan unjuk gigi dengan beragam jurus dan senjata tajam.

“Dalam kontes jawara pakidulan jilid dua kali ini tidak hanya diikuti oleh para pendekar dari Jawa Barat saja, namun dari Sumatera, Kalimantan, Medan dan Sulawesi pun turut hadir,” terang Hendar.

Senada dikatakan Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, bahwa perhelatan jawara pakidulan nantinya akan ditetapkan menjadi salah satu kegiatan tahunan dan peringatan hari jadi Kabupaten Pangandaran.

“Warisan leluhur pencak silat juga ke depan siap diolah untuk dijadikan icon pariwisata, yang kemudian dikemas dan disuguhkan kepada para tamu, dalam hal ini adalah wisatawan, baik lokal maupun mancanegara,” katanya.

Jeje merasa yakin, pencak silat yang ada di Kabupaten Pangandaran saat ini, secara tidak langsung mampu menjadi daya tarik serta ciri khas pariwisata Kabupaten Pangandaran.

Untuk itu, dirinya pun tak henti-henti menghimbau kepada semua lapisan masyarakat Pangandaran supaya tetap berperan aktif dalam segala hal. Terutama di bidang pembangunan yang sedang dilakukan oleh pihak Pemkab Pangandaran. (Ntang/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!