Permudah Pencairan Dana, Pangandaran Luncurkan SP2D Online

10/08/2016 0 Comments
Permudah Pencairan Dana, Pangandaran Luncurkan SP2D Online

Wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari tengah menyaksikan proses penandatangan MOU SP2D Online. Photo: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Kabupaten Pangandaran bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Barat menandatangani MOU layanan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) online dengan Bank BJB di hotel Sandaan Pantai Barat Pangandaran, Selasa (9/8/2016).

Untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan serta laporan keuangan yang akuntabilitas, Pemkab Pangandaran bertekad melayani masyarakat dengan mudah melalui layanan SP2D secara online. Dengan layanan tersebut, proses pencairan dana akan lebih cepat oleh tiap-tiap Pengguna Anggaran (PA) maupun Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), yakni SKPD.

Wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari, mengatakan, pemahaman tentang manajemen resiko yang dilakukan oleh BPKP Jawa Barat dalam pelayanan inetrnal maupun eksternal, yakni proses pencairan dana yang cepat oleh PA maupun KPA. Sementara itu, akan berdampak baik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pangandaran.

“Kita apresiasi kepada BJB dan BPKP dalam mengimplemetasikan manajemen resiko keuangan di Pemkab Pangandaran mulai dari awal mitigasi hingga proses diterapkan di Pangandaran. Dengan sistem ISO 31000, maka masalah hukum dapat terhindar karena kesalahan dapat diminimalisir,” ujar Adang kepada HR Online disela-sela kegiatan penandatanganan MOU.

Lebih jauh, Adang menyampaikan jika terjadi kesalahan dalam proses memasukan data, maka sistem akan menolak. Sementara itu, sistem tersebut menurutnya sebenarnya sudah berjalan sudah lama, namun  MOU baru dilakukan saat ini.

“Saya harap kerjasama Pemkab Pangandaran dengan BPKP dan BJB berjalan lancar dan sukses, tidak lain ini merupakan langkah untuk meningkatkan layanan publik kepada masyarakat,” pungkasnya. (Madlani/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!