Pertama di Dunia, Jepang Berhasil Kembangkan Bawang Bebas Air Mata

31/08/2016 0 Comments
Pertama di Dunia, Jepang Berhasil Kembangkan Bawang Bebas Air Mata

Smile Ball, bawang bebas air mata pertama di dunia 2016 House Food Group.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Di Jepang, ada bawang bombay yang dinamai Smile Ball alias bola senyuman. Bila dipotong atau diiris, bawang yang satu ini tidak akan membuat air mata menetes.

Dilansir Oddity Central pada bulan Juli lalu, Smile Ball adalah bawang bombay pertama di dunia yang tidak membuat mata terasa pedih ketika dipotong. Sedikitnya 5 ton bawang Smile Ball sudah diluncurkan ke pasar tahun ini. Hanya saja Smile Ball belum bisa didapatkan di seluruh Jepang atau negara lainnya.

Bawang bombay tersebut merupakan hasil temuan House Foods Group. Dimana pada tahun 2002, para ilmuwan dari perusahaan itu menerbitkan makalah mengenai bawang merah yang tidak akan membuat keluar air mata saat diiris.

Penelitian tersebut memang dianggap kocak, bahkan hingga memenangkan Ig Nobel Prize. Penghargaan itu diberikan atas beberapa penelitian dan penemuan yang dianggap konyol. Meski begitu, beberapa tahun kemudian House Foods Group benar-benar mewujudkan visinya tentang bawang bebas air mata pertama di dunia.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan di sana selama lebih dari satu dekade itu berhasil menemukan cara untuk menekan syn-propanethial-S-oxide, yakni senyawa yang merangsang produksi air mata. Senyawa ini lepas ke udara ketika bawang diriis.

Tanpa mengubah rasa serta kandungan gizi dalam bawang, para ilmuwan pun berhasil menemukan formula yang tepat untuk menghilangkan senyawa tersebut.

Menurut House Foods Group, bila dimakan mentah-mentah, bawang tersebut akan terasa manis seperti buah apel atau pir. Namun, sampai sekarang produk baru itu hanya tersedia di seluruh supermarket Jepang saat musim gugur nanti. Harga Smile Ball sendiri cukup mahal, yakni 450 yen atau setara dengan harga dua buah bawang bombay biasa. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!