Peserta Diklat BKKBN Provinsi Study Banding ke Desa Cibeureum Banjar

03/08/2016 0 Comments
Peserta Diklat BKKBN Provinsi Study Banding ke Desa Cibeureum Banjar

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Peserta diklat BKKBN Provinsi Jawa Barat, melakukan study banding sekaligus praktek kerja lapangan ke Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Selasa (02/08/2016). Peserta diklat tersebut berasal dari Kabupaten Kuningan, Majalengka, Kota Depok, dan Kabupaten Bandung Barat.

Ditemui disela-sela acara, Dra. Ida Indrawati, dari Diklat BKKBN Provinsi Jabar, mengatakan, pihaknya memilih Desa Cibeureum karena layak untuk dicontoh dan ditiru. Dimana Desa Cibeureum merupakan desa pertama yang mempunyai Kampung KB, dan masyarakatnya bisa berhasil melaksanakan dan mensukseskan program pemerintah di bidang Keluarga Berencana.

“Kami berserta rombongan diklat angkatan ke III ini, dalam tugas praktek kerja lapangan bukan hanya melihat Bale Sawala saja, tapi yang lebih penting adalah bagaimana memanfaatkan Bale Sawala dan Kampung KB Desa sukses, dan bisa dengan baik melaksanakan program pemeritah di tingkat desa, sehingga dikenal dan banyak daerah lain datang untuk mengadakan study banding ke Desa Cibeureum,” kata Ida.

Sementara itu, Kepala Desa Cibeureum, Yayan Sukirlan, mengatakan, pihaknya menjalankan program KB bagai air mengalir. Sosialisasi dilakukan dengan cara pendekatan agar manfaat Kampung KB dengan programnya bisa dipahami dan sampai di hati masyarakat.

Dengan begitu, maka masyarakat pun dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan dan keluarga. Karena, Kampung KB bukan hanya membahas masalah kontrasepsi yang banyak macamnya, tapi bagaimana masyarakat juga bisa membina keluarganya ke arah yang sejahtera.

“Banyaknya kabupaten/kota yang mengadakan study banding ke Desa Cibeureum, ini berkat kerjasama aparatur desa dan masyarakat yang sangat solid, sehingga Desa Cibeureum banyak dikunjungi daerah lain,” ungkapnya.

Yayan menambahkan, hal ini tentunya menjadi suatu kebanggan bisa berbagi pengalaman dengan daerah lain, dan dengan prestasi tersebut Desa Cibeureum bisa mendapat penghargaan di tingkat provinsi.

“Saya juga meminta kepada seluruh masyarakat Desa Cibeureum, mari kita do’akan bersama-sama agar ke depan Desa Cibeureum bisa lebih baik lagi sesuai yang diharapkan, yaitu terciptanya masyarakat Desa Cibeureum yang sejahtera,” harap Yayan. (AM/R3/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!