Pria ber-IQ Rendah Cenderung Konsumsi Minuman Beralkohol

31/08/2016 0 Comments
Pria ber-IQ Rendah Cenderung Konsumsi Minuman Beralkohol

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Mungkin banyak orang beranggapan bahwa IQ dan alkohol tidak ada kaitannya sama sekali. Tetapi faktanya, sebuah penelitian terbaru berhasil mengungkap, bahwa pria yang suka minum alkohol ternyata cenderung mempunyai IQ rendah. Penelitian juga menunjukkan, orang yang ber-IQ rendah ada kaitannya dengan kebiasaan minum minuman beralkohol yang lebih berisiko.

Dilansir oleh Health Site, salah seorang peneliti dari Karolinska Institutet di Stockholm, Swedia, Sara Sjolund, mengatakan, bisa jadi orang ber-IQ tinggi akan memiliki pilihan gaya hidup yang lebih sehat.

Sedangkan, kaitan antara IQ dan gaya hidup yang tidak sehat bisa jadi berawal sejak masa kanak-kanak. Karena memang dalam masa tersebut bisa mempengaruhi IQ dan kesehatan, begitu pula keadaan sosial ekonomi seseorang ketika dewasa.

Peneliti mendapatkan hasil ini setelah menganalisis data dari 49.321 pria Swedia melalui tes. Selain itu, peneliti juga mengamati konsumsi alkohol per minggu, pola minum alkohol, kondisi masa kanak-kanak dan remaja, penggunaan rokok, catatan kesehatan partisipan, serta mempertimbangkan pula posisi sosial ekonomi partisipan berikut kebiasaan minum alkohol dari ayah mereka.

“Dalam penelitian itu kami menemukan pria ber-IQ rendah cenderung mengkonsumsi lebih banyak alkohol, baik kuantitas maupun rutinitas minum alkohol yang dilakukannya,” ungkap Sjolund.

Peneliti menambahkan, bahwa hal tersebut memang bisa berbeda antara budaya dan negara. Selanjutnya hasil penelitian ini diterbitkan dalam Jurnal Alcoholism; Clinical and Experimental Research. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!