Puluhan Hektar Sawah di Banjaranyar Ciamis Terserang Hama

05/08/2016 0 Comments
Puluhan Hektar Sawah di Banjaranyar Ciamis Terserang Hama

Areal persawahan di wilayah Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, yang diserang hama. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Puluhan hektar tanaman padi milik petani di wilayah Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, terpaksa harus dipanen lebih awal. Alasanya karena areal tersebut diserang hama wereng secara tiba-tiba dan sulit dikendalikan.

“Karena serangan hama sangat banyak, maka terpaksa kami harus mengambil langkah ini. Biarpun belum saatnya dipanen, tapi ini adalah langkah yang harus kami lakukan ketimbang nanti kami mengalami gagal panen. Selama ada gangguan hama ini, kami terus terang saja tidak menerima bantuan racun apapun dari pemerintah,” kata seorang petani.

Petugas Pelaksana Lapangan (PPL) BP3K Kecamatan Banjaranyar, Edi, saat ditemui Koran HR, Selasa (02/08/2016), membenarkan jika adanya serangan hama wereng yang tengah melanda area tanaman padi milik petani di dua desa.

“Serangan hama ini terjadi begitu cepat. Dalam catatan kami, sebanyak 77 hektar padi sudah terserang hama wereng dan mengalami patah batang leher. Dari 77 hektar tersebut, 35 hektar berada di wilayah Desa Sindangrasa dan 42 herktar di Desa Cigayam. Serangan hama begitu besar dan cepat. Maka kami menganjurkan kepada petani agar mengambil langkah untuk penen lebih awal,” katanya.

Edi tidak menampik, jika selama serangan hama tersebut, petani di dua desa itu belum diberi bantuan racun pestisida. Hal itu bukan berarti BP3K tidak memperhatikan nasib petani, tapi untuk mendapatkan bantuan harus menempuh jalur administrasi yang benar.

“Misalnya dengan mengajukan proposal bantuan. Dan ini sudah tak mungkin lagi untuk dilakukan karena serangan hama teramat cepat. Maka dari itu kami sudah menghimbau kepada seluruh petani agar bisa cepat tanggap dan mengambil langkah untuk panen lebih awal,” tandasnya.

Pantauan Koran HR di lapangan, untuk menghindari kerugian akibat gagal panen, para petani di dua desa tersebut kini tengah disibukan dengan memanen lebih awal dan dimonitoring oleh Petugas BP3K dan TNI dari Koramil Banjarsari. (Suherman/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!