Sejarah Perkembangan Teknologi Handphone dari 0G Sampai 4G

04/08/2016 2 Comments
Sejarah Perkembangan Teknologi Handphone dari 0G Sampai 4G

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Handphone (HP) atau telepon genggam saat ini sudah menjadi kebutuhan primer. Terbukti, HP sekarang bukan hanya sekedar berfungsi sebagai alat komunikasi saja, melainkan sudah berkembang sebagai alat bisnis dan lain-lain.

Namun tahu kah Anda, dari semua fungsi yang dipunyai HP di zaman sekarang, mengalami perkembangan yang luar biasa. Perkembangan yang sangat menonjol dari HP pertama sampai sekarang yaitu hardware-nya.

Dari sekian banyak produsen HP di seluruh dunia, setiap tahun mereka berlomba-lomba melakukan inovasi menciptakan telepon genggam yang pintar atau smartphone, agar konsumen tertarik untuk membeli produknya.

Kalau kita tengok ke belakang, selain komputer, HP adalah salah satu teknologi yang mengalami lompatan atau kemajuan sangat pesat dari zaman ke zaman. Mulai dari 0G sampai yang sedang ngetren saat ini 4G. Ingin lihat buktinya, silahkan baca di bawah ini.

# Handie-talkie SCR536 (Generasi 0)

Perkembangan radio menjadi dasar dari penemuan HP atau telepon genggam. Contohnya sebagai alat komunikasi pada masa perang dunia ke-II di tahun 1940, sebuah perusahaan telekomunikasi Galvin Manufactory Corporation yang sekarang bernama Motorola, membuat portable Handie-talkie SCR536. Nah Handie-talkie SCR536 ini merupakan telepon genggam yang pertama atau generasi 0 atau 0G.

Setelah melalui perkembangan, namun HP 0G ini tetap memakai sistem radio VHF. Jaringan kongesti merupakan salahsatu kelemahan sistem dari HP jenis ini.

# Generasi 1 (1G)

Dengan berat 30 ons atau kurang lebih 800 gram, HP Generasi 1 (1G) mulai diperkenalkan oleh Martin Cooper dari Motorola Corp di tahun 1973. 1G menggunakan sistem analog atau AMPS yang memakai frekuensi antara 825 Mhz sampai 894 Mhz, serta beriperasi di Band 800 Mhz. Selain itu, HP ini masih bersifat regional, sehingga jangkauan areanya masih terbatas.

# Generasi 2 (2G)

Generasi ini mulai keluar sekitar tahun 1990. Di negara-negara Eropa, memakai teknologi GSM, sedangkan di Amerika memakai CDMA. Kemajuan dari 2G dibandingkan generasi sebelumnya yaitu pada sinyalnya. Jika generasi 0G sampai 1G masih analog, namundi 2G sudah menggunakan digital. Sehingga dengan digital, HP 2G sudah bisa panggilan tunggu, pesan suara, serta SMS.

# Generasi 3 (3G)

Third-generation technology atau 3G merupakan perkembangan teknologi telepon nirkabel versi ke-tiga. 3G sudah bisa digunaan untuk berselancar di dunia maya, bisa video call dengan kecepatan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik. Ada tiga standar dari 3G, yaitu EDGE atau Enhance Datarates for GSM Evolution, Wideband-CDMA, serta CDMA 2000.

Kemajuan dari 3G yaitu sistem operasi seperti Android, Symbian serta Windows Mobile mulai dimasukan, sehingga HP generasi ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan PC. Seiring kemajuan teknologi, 3G mulai berkembang menjadi 3,5G. Kecepatan transmisi data dari 3,5G lebih cepat karena menggunakan teknologi berbasis HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access).

# Generasi 4 (4G)

Generasi Fourth Generation (4G) adalah pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G berdasarkan heterogenitas jaringan IP, sehingga memungkinkan pemakai untuk memakai beragam sistem kapan saja dan di mana saja.

Setelah teknologi kabel serta nirkabel dikonversikan dan dapat menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik, baik di dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. Sehingga tidak salah jika 4G memiliki kecepatan transmisi data dengan kecepatan tinggi, volume tinggi, jangkauan global, kualitas baik. Sehingga, membuka aplikasi multimedia seperti, video conferencing, online game, dan lain-lain, sangat cepat. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

2 Comments

    Leave a Reply