Stok Blanko Masih jadi Kendala Pembuatan KTP di Ciamis

08/08/2016 0 Comments
Stok Blanko Masih jadi Kendala Pembuatan KTP di Ciamis

Ilustrasi KTP. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Permintaan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) terus berjalan dan tidak berhenti setiap harinya. Tapi di lain sisi, ketersediaan blanko masih menjadi kendala yang dihadapi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis.

Kepala Disdukcapil Ciamis, Drs. Adang Darajat, saat ditemui Koran HR Senin lalu, (01/08/2016), tidak menyangkal hal itu. Menurut dia, penyediaan blanko KTP Elektronik untuk Kabupaten Ciamis masih dari pusat.

Adang menuturkan, pembuatan KTP mengalami peningkatan paska lebaran kemarin. Bahkan peningkatannya mencapai 300 persen. Pengajuannya antaralain meliputi perubahan biodata, status dan pindah.

“Untuk saat ini, Alhamdulillah permintaan ataupun perubahan KTP sudah mulai normal kembali,” ujarnya.

Lebih lanjut, Adang mengungkapkan, bagi yang ingin melamar kerja, jika belum memiliki KTP, pihaknya mengeluarkan surat keterangan bahwa KTP warga pemohon tersebut masih dalam proses.

“Jujur untuk hal itu, disini pelayanan kami dahulukan. Memang untuk kebutuhan KTP susah diprediksi,” katanya.

Adang menambahkan, di Kabupaten Ciamis ada lima kecamatan yang selama ini terkendala dalam pelayanan pembuatan KTP. Soalnya, alat pencetak KTP yang ada di kelima kecamatan itu dicuri orang. Kelima kecamatan itu diantaranya, Sindangkasih, Panjalu, Cimaragas dan Kawali.

“Solusinya, agar lebih efisiensi dan tidak menggangu pelayanan pada masyarakat, warga bisa mengajukan pembuatan KTP bisa mendatangi kecamatan terdekat. Misalnya, warga Jatinagara bisa datang ke kantor Kecamatan Rajadesa,” katanya. (DSW/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!