Studi: Pria Ganteng Susah Dapat Promosi Jabatan Kerja

18/08/2016 0 Comments
Studi: Pria Ganteng Susah Dapat Promosi Jabatan Kerja

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Berparas tampan menjadi dambaan setiap pria. Namun, dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal Organizational Behaviour And Human Decision Processes mengungkapkan pria berwajah tampan susah mendapatkan promosi jabatan dalam lingkungan kerjanya.

Ungakapan tersebut membantah studi yang dilakukan UCL School of Management yang menyebutkan bahwa pria ganteng dianggap sangat kompeten dalam lingkungan kerja dengan alasan manajer lebih memilih karyawan baru yang berperawakan ganteng dibanding yang biasa saja.

Kendati demikian, seperti yang dilansir dari Nextshark, sebuah studi justru menemukan karyawan ganteng membuat karyawan lain merasa menjadi sebuah ancaman yang membuat manajer terpaksa memilih karyawan berwajah tampan.

Dalam penenmuan tersebut, tidak berlaku pada manajer wanita kepada karyawan cantik. Pasalnya, penampilan wanita tidak condong pada kompetensi yang dimilikinya.

Sun Young Lee, peneliti, mengatakan, manajer kebanyakan terpengaruhi oleh tampilan dan pemutusan kebijakan sesuai kenyamanan sendiri untuk menghindari karyawan ganteng yang dianggap kompeten menggantikan posisinya.

Menurutnya, syarat rektrutmen sangat memengaruhi lingkungan kerja, maka untuk memastikan peningkatan proses seleksi, perlu divisi HRD yang tidak berorientasi memilih karyawan berparas ganteng dan harus netral dalam lingkungan kerja. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!