Tahun Ini Pemdes Mekarharja Banjar Realisasikan Rehab Rutilahu 25 Unit

22/08/2016 0 Comments
Tahun Ini Pemdes Mekarharja Banjar Realisasikan Rehab Rutilahu 25 Unit

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Di tahap ke I pencairan bantuan keuangan desa, Pemerintah Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, akan merehab rumah tidak layak huni (Rutilahu) sebanyak 25 unit yang tersebar di wilayah Desa Mekarharja.

Kepala Desa Mekarharja, Saptono, mengatakan, perbaikan Rutilahu itu berdasarkan ajuan dari 10 kepala keluarga binaan dan tokoh masyarakat setempat. Pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap.

Bagi masyarakat yang belum kebagian perbaikan Rutilahu di tahap pertama, nanti sisanya akan dilaksanakan pada tahap berikutnya. Karena, Program Rutilahu ini sudah menjadi program Desa Mekarharja.

“Dan perlu diketahui pula, dalam pelaksanaan perbaikkan Rutilahu ini menggunakan bata merah biar awet. Kalau pakai bilik atau triplek nantinya akan cepat rusak, apalagi kalau kena air dan kepanasan akan mudah lapuk. Tapi kalau memakai bata akan lebih lama kegunaannya. Pelaksanaan Rutilahu saat ini baru berjalan, yaitu masih dalam tahap pengadaan material ke rumah-rumah yang akan diperbaiki,” terang Saptono, kepada HR, Selasa (16/08/2016).

Selain itu, lanjutnya, dalam rangka memperingati HUT RI ke-71, Desa Mekarharja juga menggelar berbagai kegiatan, seperti lomba sepak bola, bulutangkis, tenis meja, MTQ dan membaca Qur’an surat Al Fatihah dengan benar bagi RT dan RW se-Desa Mekarharja.

Kemudian, lomba sholawatan dan kaligrafi ibu-ibu PKK dan dimeriahkan dengan lomba kebaya tradisional berhijab cantik oleh kader PKK.

“Nanti di akhir acara, kami akan mengadakan tablig akbar dengan penceramah Ustad Husairi dari Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah,” pungkas Saptono. (AM/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!